Erick Thohir Sebut Pose Tiga Jari Pilot Garuda Bersama Mahfud MD Tak Langgar Netralitas

oleh -12 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan tanggapan terkait kontroversi foto pilot Garuda Indonesia yang berpose tiga jari bersama wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD. Menurutnya, pose tersebut tidak melanggar prinsip netralitas, mengingat karyawan BUMN bukan aparatur sipil negara (ASN).

“Kalau (karyawan) BUMN kan bukan ASN, itu saja,” ujar Erick di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (19/11) malam.

banner 336x280

Erick menjelaskan bahwa aturan berbeda jika yang melakukan pose tersebut adalah pegawai Kementerian BUMN yang merupakan ASN. Dalam konteks tersebut, hal tersebut bisa dianggap sebagai pelanggaran.

“Kategorinya kan musti ada. Kalau (pegawai) Kementerian BUMN, nah itu ada catatan,” tambahnya.

Meski demikian, Erick menegaskan bahwa sebagai Menteri BUMN, ia akan tetap netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya di pemerintahan.

“Saya sebagai menteri BUMN, sebagai orang profesional, ketika para calon presiden ada masukan ada kritik kepada BUMN, saya terbuka, karena ini saya profesional,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra, telah memanggil pilot yang berfoto bersama Mahfud MD untuk menjelaskan kejadian tersebut dan melakukan pembinaan terkait aspek prosedur keselamatan penerbangan.

“Hal tersebut tentunya menjadi perhatian kami di Garuda,” kata Irfan.

Sebelumnya, Mahfud MD membagikan momen bersama awak Garuda Indonesia di dalam pesawat, di mana mereka berpose dengan jari tiga. Kejadian ini memicu perhatian publik dan menjadi sorotan karena terjadi dalam konteks tahun politik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.