Ganjar Pranowo Beri Penilaian 5 dari 10 untuk Penegakan Hukum Era Jokowi: Respons Tepat dari Partai Pendukung

oleh -21 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memberikan penilaian sebesar 5 dari 10 untuk penegakan hukum di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pernyataan tersebut disampaikan dalam Sarasehan Nasional Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Sabtu (18/11).

Dalam sesi tanya jawab dengan panelis Zainal Arifin Mochtar, Ganjar menjawab bahwa penegakan hukum di Indonesia mengalami penurunan, merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilai sarat intervensi dan terlihat jelas rekayasa.

banner 336x280

Meski mendapat reaksi positif dari sebagian hadirin, penilaian Ganjar memicu tanggapan dari partai pendukung Jokowi.

Gerindra: Penilaian Ganjar Tidak Bijak

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan keanehan penilaian Ganjar terhadap penegakan hukum di era Jokowi. Menurutnya, penilaian tersebut mencerminkan pemimpin yang kurang bijak, menyampaikan pandangan berdasarkan kepentingan sesaat.

Golkar: Tanyakan kepada Mahfud Md

Partai Golkar menanggapi pernyataan Ganjar dengan menyarankan untuk bertanya langsung kepada Menko Polhukam, Mahfud Md. Ketua DPP Partai Golkar, Nusron Wahid, menyatakan bahwa jika penegakan hukum merah, seharusnya itu menjadi tanggung jawab Mahfud Md sebagai Menko Polhukam.

PAN: Minta Data dan Fakta

PAN mengungkapkan pemahaman terhadap penilaian Ganjar, tetapi meminta fakta dan data yang mendukung pernyataannya. Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, menyatakan perlunya data agar penilaian dapat berimbang.

PSI: Kepuasan Rakyat yang Utama

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membela Jokowi dan mengungkit kepuasan rakyat terhadap kinerja presiden. Sekjen PSI, Raja Juli, menyatakan bahwa yang terpenting adalah penilaian dari rakyat, dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi di segala bidang sangat baik.

Penilaian Ganjar Pranowo mendapat respons yang beragam dari partai-partai pendukung Jokowi, menggambarkan keragaman pandangan terkait penegakan hukum di era pemerintahan saat ini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.