Presiden Jokowi Pimpin Ekspedisi Kemanusiaan ke Gaza: Bantuan 21 Ton Meluncur Kembali

oleh -7 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekali lagi memimpin upaya kemanusiaan dengan melepas bantuan untuk Palestina. Langkah ini merupakan pengiriman tahap kedua setelah bantuan pertama dikirim pada awal November.

Dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023), pukul 08.30 WIB, bantuan tahap kedua seberat 21 ton dikirim menggunakan pesawat kargo BBN Airlines menuju Bandara El Arish. Kargo ini didominasi oleh alat medis, obat-obatan, dan perlengkapan rumah sakit.

banner 336x280

“Alhamdulillah kita kirim lagi bantuan kepada saudara kita di Gaza dengan dua pesawat yang akan mengangkut 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan dan keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza,” ujar Jokowi.

Bantuan senilai Rp 31,9 miliar ini berasal dari anggaran pemerintah dan juga sumbangan dari perusahaan serta masyarakat. Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina. Sebagai utusan khusus Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sedang berupaya menggalang dukungan internasional untuk menghentikan kekerasan di Gaza.

“Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina dan sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menlu sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik,” ungkap Jokowi. Pelepasan bantuan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al Shun, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menko PMK Muhadjir Effendy, Wamenlu Pahala Mansury, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.