Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jabat Panglima TNI, Sumpah Jabatan Dipimpin Presiden Jokowi

oleh -16 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Era kepemimpinan di lingkungan TNI resmi berganti setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun. Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (22/11/2024), menjadi peristiwa penting yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi memulai acara dengan membacakan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Setelahnya, Jenderal Agus Subiyanto menerima tanda pangkat dan tongkat Komando Panglima TNI dari Jokowi. Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan yang diucapkan oleh Jenderal Agus.

banner 336x280

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jenderal Agus Subiyanto.

Acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menko Polhukam Mahfud Md. Kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga turut memeriahkan acara.

Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono, turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, bersama dengan Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Dasco serta Rachmat Gobel, dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali juga turut hadir.

Jenderal Agus Subiyanto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sebelum terpilih menjadi Panglima TNI. Pelantikan ini menjadi tonggak penting dalam karir militer Jenderal Agus, yang baru saja dilantik sebagai KSAD pada Oktober 2023. Proses pelantikan tersebut melibatkan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR pada November 2023 dan pengesahan oleh DPR RI pada 21 November 2023.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.