Perjalanan Bahasa Indonesia: Dari Sumpah Pemuda Hingga Menjadi Bahasa Internasional yang Memukau Dunia

oleh -15 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Bahasa Indonesia, yang kini menjadi bahasa resmi nasional Republik Indonesia, memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Bahasa ini tidak hanya menjadi alat komunikasi sehari-hari bagi warga negara Indonesia tetapi juga mencerminkan identitas nasional dan persatuan bangsa. Bagaimana perjalanan bahasa ini dari bahasa Melayu hingga menjadi bahasa internasional?

1. Lahirnya Bahasa Indonesia di Balik Sumpah Pemuda

banner 336x280

Menurut informasi dari situs Kemdikbud, Bahasa Indonesia awalnya tumbuh dari bahasa Melayu yang menjadi bahasa perhubungan di Nusantara pada abad ke-7. Pada zaman Sriwijaya, bahasa Melayu digunakan dalam kebudayaan, seperti buku pelajaran agama Buddha, dan sebagai bahasa antarsuku di seluruh Nusantara. Bahasa Melayu juga menjadi alat perhubungan antarpulau, antarsuku, dan antarkerajaan.

Pada persiapan Kongres Pemuda tahun 1926, para pemuda mengusulkan perubahan istilah dari bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia. Usulan ini diterima pada 2 Mei 1926, dan melalui Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928, bahasa Melayu diangkat sebagai bahasa Indonesia, menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia.

2. Kedudukan Bahasa Indonesia

Menurut Balai Bahasa Papua, bahasa Indonesia memiliki kedudukan penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahasa ini bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai:

– Lambang kebanggaan bangsa.

– Identitas nasional bagi orang Indonesia.

– Alat perhubungan antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya.

– Alat pemersatu suku budaya dan bahasanya.

3. Perkembangan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dan telah masuk dalam tiga kategori utama:

– Bahasa Pemersatu: Bahasa Indonesia diikrarkan para pemuda pada tahun 1928 melalui Sumpah Pemuda, menjadi bahasa pemersatu yang diterima oleh masyarakat Indonesia.

– Bahasa Resmi Negara: Sejak ditetapkan pasal 36 UUD 1945 pada 18 Agustus 1945, Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara.

– Bahasa Internasional: Kongres Internasional IX Bahasa Indonesia pada 2018 menandai perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 juga mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Sebagai bahasa internasional, langkah-langkah dilakukan, seperti penyediaan tenaga dan buku-buku bahasa Indonesia bagi penutur asing, sesuai dengan upaya untuk menjaga dan memperluas pengaruh bahasa Indonesia di tingkat internasional. Tautan narasumber dapat ditemukan pada situs Kemdikbud dan Balai Bahasa Papua.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.