Indonesia Sumbang Hibah Rp 307,25 Miliar ke Berbagai Negara yang Membutuhkan

oleh -10 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 24 November 2023 – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa Indonesia telah menetapkan target hibah ke luar negeri sebesar Rp 307,25 miliar. Hingga bulan Oktober, sejumlah Rp 140,45 miliar telah disalurkan untuk mendukung 28 kegiatan di berbagai belahan dunia.

Bantuan ini tidak hanya ditujukan untuk negara-negara di Afrika, Kepulauan Pasifik, dan Kepulauan Karibia, tetapi juga mencakup bantuan kemanusiaan untuk Palestina. “Tahun ini, diperkirakan anggaran sebesar Rp 307,2 miliar akan digunakan untuk membantu berbagai negara, mulai dari Afrika, Asia, Kepulauan Pasifik, hingga Amerika Latin dan Karibia yang mengalami berbagai bencana,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita pada Jumat (24/11/2023).

banner 336x280

Beberapa jenis bantuan yang disoroti oleh Sri Mulyani antara lain adalah bantuan kemanusiaan senilai Rp 31,9 miliar untuk Palestina dan dukungan vaksin senilai Rp 30,32 miliar untuk Nigeria. Bantuan juga disalurkan untuk mengatasi kekeringan, dengan alokasi dana sebesar Rp 20 miliar untuk Ethiopia, Kenya, dan Turki. Selain itu, Indonesia juga memberikan bantuan senilai Rp 4 miliar untuk revitalisasi pusat pelatihan pertanian di Gambia.

Secara rinci, hibah ini tersebar ke berbagai benua, dengan alokasi dana Rp 21,4 miliar untuk Asia, Rp 34,42 miliar untuk Kepulauan Pasifik, Rp 54 miliar untuk Afrika, dan Rp 4,67 miliar untuk Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. Terdapat juga dana yang dialokasikan untuk Global Fund sebesar Rp 23,45 miliar.

Keputusan Indonesia untuk memberikan hibah sejumlah besar ini mencerminkan komitmen negara dalam mendukung upaya kemanusiaan dan pembangunan di berbagai belahan dunia. Upaya ini juga sejalan dengan semangat kerjasama internasional untuk mengatasi tantangan global dan membangun dunia yang lebih baik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.