Kasus Pemerasan Firli Bahuri: Partai Turut Menanggapi dengan Beragam Pendapat

oleh -7 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 23 November 2023 – Ditetas sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendapatkan tanggapan beragam dari sejumlah partai politik.

1. Partai Solidaritas Indonesia (PSI):

banner 336x280

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengecam situasi ini dan mendesak Firli Bahuri untuk sementara waktu mundur dari jabatannya. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Ariyo Bimmo, menyatakan kekhawatirannya terhadap dampak status tersangka yang dapat menjadi beban bagi lembaga antikorupsi. “PSI berpandangan Pak Firli sebaiknya mundur sementara sesuai UU KPK. Alasan utamanya agar nama baik KPK terjaga,” tegas Ariyo Bimmo.

2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP):

PDIP menyampaikan rasa duka atas penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan. Bambang Wuryanto, politikus PDIP dan Ketua Komisi III DPR RI, menyatakan keberdukaannya. Meskipun mengakui rasa duka, Bambang Wuryanto menekankan pentingnya tetap menjalankan proses hukum dan menunggu perkembangan selanjutnya. “Tentu kami berduka… Kita ikuti bersama prosesnya gitu ya,” ucapnya.

3. Partai Nasdem:

Partai Nasdem juga menyuarakan desakan agar Firli Bahuri segera mengundurkan diri. Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, mengkritik Dewan Pengawas KPK dalam menangani dugaan pelanggaran etik oleh Firli. “Dan, mungkin juga terkait Dewas KPK, selama ini kan saya agak kritik juga kinerjanya bukan makin baik, tapi makin lemot,” ungkap Sahroni.

4. Partai Demokrat:

Partai Demokrat, melalui Wakil Ketua Umumnya Benny K Harman, menginginkan klarifikasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait masalah Firli Bahuri. Benny menekankan perlunya penjelasan yang jelas dan transparan agar tidak memunculkan spekulasi di kalangan masyarakat. “Kapolri harus menjelaskan secara gamblang kepada publik apa sebenarnya yang terjadi dengan Ketua KPK Firli Bahuri,” tegas Benny.

Kasus ini semakin mempertegas peran politik dalam mengawasi lembaga penegak hukum, sementara publik menantikan perkembangan selanjutnya dari proses hukum Firli Bahuri.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.