Modus Helikopter Hantui Distribusi BBM Subsidi: Pertamina Blokir Ratusan Ribu Nomor Polisi Palsu

oleh -9 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 25 November 2023 – Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi kembali menjadi sorotan setelah PT Pertamina mengungkap modus baru yang melibatkan pemakaian nomor polisi palsu, atau yang dikenal dengan modus helikopter. Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memblokir ratusan ribu data nomor polisi kendaraan bermotor yang terindikasi palsu.

“Memang kita sadari bahwa yang namanya penyelewengan (BBM Subsidi) masih ada di bawah, tentu akan terus minimalkan dengan adanya sistem. Sistem yang sekarang sudah kita terapkan digitalisasi SPBU itu tidak cukup,” ujar Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI.

banner 336x280

Nicke menjelaskan bahwa kerjasama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) telah dilakukan, dan hasilnya, sebanyak 228 ribu nomor polisi kendaraan diblokir karena tidak terdapat pada data Korlantas. Pemblokiran ini merupakan langkah preventif untuk mengatasi penyelewengan BBM subsidi.

Dalam penjelasannya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, menyebutkan bahwa pemblokiran juga dilakukan pada sekitar 32 ribu kendaraan yang terlibat dalam penyaluran BBM subsidi. Puluhan ribu kendaraan tersebut diduga melakukan kecurangan saat mengisi BBM subsidi dan bahkan diduga melakukan pemalsuan dokumen.

“Ini dikarenakan beberapa hal, yang pertama adalah tidak sesuai data Korlantas. Lalu ini diindikasikan melakukan pengisian berulang-ulang. Lalu foto indikasi diedit, yang dimasukkan data kendaraan yang disampaikan terindikasi palsu,” ungkap Riva.

Modus penyelewengan yang dikenal sebagai modus helikopter melibatkan penggunaan nomor polisi yang berbeda-beda pada satu kendaraan. Modifikasi kendaraan, mulai dari motor, mobil, truk, hingga bus pariwisata, dilakukan untuk melakukan pengisian BBM subsidi secara berulang-ulang.

“Satu modus terbaru adalah menggunakan bus pariwisata,” jelas Riva. Beberapa parameter yang perlu diwaspadai, antara lain, truk atau mobil melakukan pengisian BBM dalam waktu lama, motor modifikasi menggunakan lebih dari satu jerigen, dan kendaraan yang sama masuk secara berulang.

Pertamina juga mengungkap adanya ilegal unloading dari truk tangki BBM, yang terjadi saat truk tangki berhenti di lokasi yang tidak sesuai dengan ketentuan. Penyelewengan BBM juga dapat terjadi dengan pemalsuan dokumen pemerintah bagi petani dan nelayan. Dengan langkah-langkah preventif ini, Pertamina berharap dapat meminimalkan penyelewengan BBM subsidi dan menjaga distribusi BBM subsidi agar tepat sasaran. Modus helikopter menjadi tantangan baru yang dihadapi oleh perusahaan pelat merah ini, namun langkah-langkah tegas diharapkan dapat memastikan keberlanjutan program subsidi yang adil dan transparan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.