Bawaslu RI Panggil Apdesi Terkait Dugaan Pelanggaran Pemilu di Desa Bersatu

oleh -10 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bergerak cepat untuk menyelidiki dugaan pelanggaran Pemilu yang terjadi dalam acara Desa Bersatu. Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) akan dipanggil untuk memberikan keterangan terkait netralitas kepala desa dalam acara tersebut.

Bagja, perwakilan Bawaslu DKI Jakarta, menyatakan bahwa tim Bawaslu sedang bekerja untuk memanggil Apdesi pada Senin (27/11/2023). “Teman-teman Bawaslu DKI sedang bekerja memanggil Apdesi. Kalau nggak salah Senin ini untuk meminta keterangan dari Apdesi,” ujar Bagja kepada wartawan setelah apel siaga pengawasan pemilu di Monas, Jakarta, pada Minggu (26/11/2023).

banner 336x280

Bawaslu akan mendalami laporan yang diajukan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Jurdil (AMPPJ), yang melaporkan panitia acara Desa Bersatu dan Gibran, yang juga hadir dalam acara tersebut. Acara tersebut dilaksanakan pada Minggu (19/11) di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Bagja menyatakan bahwa Bawaslu belum mencapai kesimpulan mengenai adanya pelanggaran terkait netralitas kepala desa dalam acara tersebut. “Cawapresnya tidak ngajak, iya. Tapi kalau untuk pelanggarannya kan ada kalimat selanjutnya. Jika ada dugaan pelanggaran, tentu akan kami dalami sesuai dengan laporan hasil pengawasan,” ungkapnya.

Sebelumnya, AMPPJ melaporkan ketua hingga sekretaris panitia acara Desa Bersatu serta Gibran ke Bawaslu RI. Koordinator AMPPJ, Sierra Prayuna, menjelaskan bahwa laporan tersebut dilakukan karena adanya indikasi dukungan kepada pasangan capres cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

“Pelaporan ini kami lakukan karena adanya dorongan untuk mendukung pasangan capres cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Kami memberikan bukti melalui sebuah video yang diserahkan ke Bawaslu,” kata Sierra Prayuna.

Bawaslu RI berkomitmen untuk menyelidiki tuntas dugaan pelanggaran Pemilu dan memastikan netralitas kepala desa terjaga selama tahapan pemilihan. Proses pemanggilan Apdesi diharapkan memberikan klarifikasi dan pemahaman lebih lanjut terkait peristiwa ini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.