PKS Janjikan Ibu Kota Tetap di Jakarta Jika Menang Pemilu 2024

oleh -12 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman, mengumumkan janji menarik jika PKS meraih kemenangan dalam Pemilu 2024. Menurutnya, ibu kota negara (IKN) akan tetap berada di Jakarta. Namun, respon dari berbagai pihak, termasuk PKB dan NasDem, menunjukkan bahwa masyarakat cenderung memilih agar IKN tidak dipindahkan.

Ketua DPP PKB, Daniel Johan, menyatakan keyakinannya bahwa masyarakat, termasuk pejabat dan birokrasi pelayan masyarakat, lebih memilih agar ibu kota tetap berada di Jakarta. “Masyarakat kalau diberi pilihan, mereka tentu lebih memilih ibukota tetap di Jakarta dan tidak pindah,” ujar Daniel Johan kepada wartawan pada Minggu (26/11/2023).

banner 336x280

Meskipun demikian, belum ada pembahasan detil di kubu Anies-Muhaimin mengenai apakah ibu kota negara akan tetap di Jakarta atau dipindahkan ke Nusantara, terutama Pulau Kalimantan, jika mereka meraih kemenangan dalam Pilpres 2024. Daniel Johan menyatakan bahwa hal ini masih akan dibahas lebih dalam di kemudian hari.

Bendum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, menegaskan bahwa janji PKS tentang ibu kota tetap di Jakarta merupakan kesepakatan internal PKS. Jika hal tersebut masuk dalam pernyataan paslon Anies-Muhaimin, itu akan menjadi kesepakatan dari seluruh partai koalisi.

“Ini hasil kesepakatan internal mereka, nanti bila sudah masuk dalam tataran statement pasangan, nah itu yang baru semua partai,” jelas Ahmad Sahroni.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman, sebelumnya menyampaikan bahwa PKS menilai ibu kota tidak perlu dipindahkan ke Nusantara. “Ini walaupun secara warning agak panjang, tetapi substansinya straight forward orang tidak perlu menafsirkan apapun. Dengan kalimat ini, artinya ibu kota negara tidak pindah ke Nusantara, tetap di Jakarta,” kata Sohibul Iman di rapimnas kampanye nasional 2024, Depok.

Sementara PKS memandang keputusan ini sebagai gagasan unggulan, respons dari pihak lain menunjukkan adanya perbedaan pandangan mengenai masa depan IKN. Diskusi lebih lanjut diharapkan akan membawa klarifikasi dan pemahaman yang lebih baik mengenai rencana perubahan ibu kota negara.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.