Franceso Bagnaia Pecahkan Kutukan Nomor 1 dengan Juara MotoGP 2023 di Valencia

oleh -7 Dilihat
oleh
banner 468x60

Valencia – Sukses meraih kemenangan di MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia bukan hanya merayakan gelar juara dunia, tetapi juga mematahkan kutukan yang melekat pada nomor 1 dalam balapan MotoGP. Saat Jorge Martin terjatuh setelah menabrak Marc Marquez di tikungan keempat, Bagnaia pun memastikan gelarnya di lap keenam dan finis pertama, menutup musim dengan gemilang.

Persaingan sengit antara Bagnaia dan Jorge Martin memuncak pada seri terakhir MotoGP 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu (26/11/2023) malam WIB. Bagnaia akhirnya mengamankan gelar juara dunia dengan keunggulan 39 poin atas Martin, setelah finis di depan Fabio Di Giannantonio dan Johann Zarco.

banner 336x280

Keberhasilan Bagnaia bukan hanya menjadi puncak karirnya, tetapi juga mengakhiri mitos yang selama ini menyelimuti nomor 1 di balapan MotoGP. Sebelumnya, tak ada pembalap yang mampu mempertahankan gelar juara dunia dengan nomor tersebut.

Bahkan, nama-nama besar seperti Nicky Hayden (2007), Casey Stoner (2008 dan 2012), serta Jorge Lorenzo (2011) pun tak berhasil mempertahankan gelar juara dengan nomor 1. Terakhir kali hal tersebut terjadi adalah pada tahun 1998, di mana Mick Doohan berhasil mempertahankan gelar juara kelas 500 cc.

“Fantastis sekali bisa menyamai catatan mereka (Marquez dan Rossi). Memakai nomor 1 di motor berarti harus terus menang, finis kedua itu seperti kalah. Saya bangga dengan pencapaian musim lalu, tapi lebih bangga dengan musim ini karena saya bisa mempertahankan sekalipun membuat banyak kesalahan dan bernasib sial,” ujar Bagnaia kepada GPOne.

Keberhasilan Bagnaia memecahkan kutukan nomor 1 menjadi prestasi yang luar biasa, dan kemenangan ini akan dikenang dalam sejarah MotoGP sebagai momen yang membuktikan bahwa nomor 1 bisa tetap mempertahankan gelarnya di kelas balap motor paling prestisius di dunia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.