Kapal Tanker Terkait Israel Diserang, Pasukan AS Selamatkan Awaknya di Laut Yaman

oleh -7 Dilihat
oleh
banner 468x60

Washington DC – Kapal tanker M/V Central Park, yang terkait dengan perusahaan Israel dan dimiliki oleh Zodiac Maritime, diserang dan disita oleh sekelompok orang bersenjata di lepas pantai Yaman pada Minggu (26/11) waktu setempat. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) merespons panggilan darurat kapal tersebut dan berhasil menyelamatkan kapal beserta para awaknya.

Pejabat pertahanan AS melaporkan bahwa sejumlah orang bersenjata yang tidak dikenal menyita M/V Central Park di Teluk Aden pada 26 November. Pasukan Angkatan Laut AS terlibat dalam menanggapi situasi tersebut, dengan pasukan dari kapal perang USS Mason berhasil membebaskan kapal tanker tersebut.

banner 336x280

Tidak dijelaskan secara rinci mengenai identitas pelaku penyerangan, dan tidak disebutkan apakah para awak tetap berada di atas kapal saat diserang. Zodiac Maritime, pemilik kapal tanker, mengonfirmasi bahwa terdapat 22 awak di kapal tersebut, berasal dari berbagai negara seperti Rusia, Vietnam, Bulgaria, India, Georgia, dan Filipina. Kapten kapal tersebut memiliki kewarganegaraan Turki.

Dalam pernyataan terpisah, Zodiac Maritime menjelaskan bahwa kapal tanker membawa muatan asam fosfat yang biasa digunakan untuk pupuk. Kejadian ini terjadi setelah kapal kargo terkait Israel disita di perairan Laut Merah pekan lalu oleh pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman.

Houthi, yang berjanji untuk menargetkan lebih banyak kapal Israel, merupakan kelompok yang mengklaim sebagai bagian dari ‘poros perlawanan’ yang bersekutu dengan Iran. Kelompok ini telah melancarkan serangkaian serangan drone dan rudal ke arah Israel dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Houthi terkait laporan penyerangan terhadap kapal tanker ini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.