KPU Ungkap Alasan Format Debat Pemilu 2024 yang Unik: Maksimalkan Team Work Capres-Cawapres

oleh -9 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan penjelasan menarik terkait perbedaan format debat calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan Pilpres 2019. Pada Pilpres sebelumnya, KPU merancang format debat yang lebih variatif, dengan 2 kali debat khusus calon presiden, 1 kali debat khusus calon wakil presiden, dan 2 kali debat dengan komposisi bersama antara calon presiden dan calon wakil presiden.

Namun, untuk Pilpres 2024, KPU memutuskan untuk menghadirkan calon presiden dan calon wakil presiden secara bersamaan dalam 5 kali gelaran debat. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, menjelaskan bahwa keputusan ini bertujuan agar pemilih dapat melihat sejauh mana kerja sama antara calon presiden dan calon wakil presiden.

banner 336x280

“Dengan demikian, diharapkan publik dapat lebih yakin terhadap kerja sama (team work) antara calon presiden dan calon wakil presiden dalam setiap penampilan di debat,” ujar Hasyim kepada wartawan pada Kamis (30/11).

Meski format debat bersama, Hasyim menyebutkan bahwa proporsi waktu bicara antara calon presiden dan calon wakil presiden akan berbeda. Pada debat calon presiden, porsi waktu untuk calon presiden akan lebih banyak, begitu juga pada debat calon wakil presiden.

Menurut Hasyim, aturan ini sesuai dengan Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) dan Peraturan KPU Nomor 15/2023, yang menentukan 3 kali debat calon presiden dan 2 kali debat calon wakil presiden.

“Ketika debat calon wakil presiden, maka proporsinya akan lebih banyak untuk calon wakil presiden,” tambahnya.

Hasyim menegaskan bahwa aturan tersebut sudah disepakati oleh semua pasangan calon, dan ini bukan hasil dari permintaan khusus dari salah satu pasangan calon.

“Tujuannya adalah agar publik semakin yakin dengan kerja sama antara calon presiden dan calon wakil presiden dalam setiap penampilan di debat,” jelas Hasyim.

KPU telah menetapkan jadwal lima kali debat kandidat Pilpres 2024, dengan debat perdana yang akan digelar pada 12 Desember 2023. Debata-debat ini akan ditayangkan di stasiun TV nasional dengan total durasi 150 menit, dengan 120 menit untuk segmen debat dan sisanya untuk iklan.

Sebagai langkah terbaru, KPU akan kembali mengundang setiap tim kampanye untuk membahas lebih lanjut mengenai format debat yang akan diterapkan. Sementara itu, tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 yang sudah ditetapkan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.