Indonesia Terbuang 200 Ribu Liter Plasma Darah Setahun, PMI Berharap Hadirnya Fasilitas Fraksionasi

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 7 Desember 2023 – Palang Merah Indonesia (PMI) melaporkan bahwa sekitar 200 ribu liter plasma darah harus dibuang setiap tahun dalam periode 2022 hingga 2023. Data ini diungkapkan PMI pada April 2023, menyoroti tantangan dalam pengelolaan plasma darah di Indonesia.

Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla, menjelaskan bahwa plasma darah memiliki potensi besar untuk diolah menjadi obat-obatan derivat plasma seperti albumin, faktor VIII, dan imunoglobin. Namun, Indonesia saat ini menghadapi kendala karena belum memiliki fasilitas fraksionasi plasma untuk mengolah plasma darah tersebut.

banner 336x280

“Banyak plasma darah yang akhirnya terbuang karena tidak diolah karena tidak diproses,” ucap Jusuf Kalla pada acara groundbreaking fasilitas fraksionasi plasma pertama di Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (5/12/2023).

Beliau menambahkan, “Jadi harapannya nanti plasma darah ini bisa diolah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia juga jadi diproses dulu.”

Kepala Bidang Unit Donor Darah PMI, dr. Linda Lukitari Waseso, menyatakan bahwa setiap tahun diperlukan sekitar Rp 3,5 miliar untuk membuang limbah plasma darah. Padahal, menurutnya, limbah tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan lebih baik dalam produksi obat-obatan.

Impor produk obat derivat plasma di Indonesia mencapai Rp 1,1 triliun pada tahun 2020. Dr. Linda menekankan bahwa plasma darah yang disimpan memiliki waktu kedaluwarsa selama satu tahun. Jika telah melewati batas waktu tersebut, plasma darah akan dibuang karena tidak lagi dapat digunakan.

“Ini bisa diolah menjadi albumin dan obat lainnya ya. Kalau kebutuhannya pasti untuk orang sakit kanker, thalasemia, hemofilia, luka bakar seperti itu,” jelasnya.

PMI berharap dengan hadirnya fasilitas fraksionasi plasma pertama di Indonesia, limbah plasma darah dapat diminimalkan dan lebih banyak dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat. Proyek tersebut diharapkan dapat membuka peluang baru dalam industri pengelolaan plasma darah di tanah air.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.