Jokowi Dukung Pusat Kolaborasi Internasional di Bidang Pertanian Berkelanjutan dan Aksi Iklim

oleh -3 Dilihat
oleh
banner 468x60

Dubai, 7 Desember 2023 – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif kepresidenan Uni Emirat Arab (UEA) dalam mempromosikan pusat kolaborasi internasional di bidang pertanian berkelanjutan, ketahanan rantai pasok, dan aksi iklim. Pernyataan ini disampaikan oleh Jokowi dalam forum Leaders’ Event: Transforming Food Systems in the Face of Climate Change di COP28 Dubai.

“Permintaan akan produk pertanian dan perkebunan pasti akan meningkat sangat tajam, karena selain menghasilkan bahan pangan, juga menghasilkan bahan bakar nabati, seperti biodiesel, bioetanol, dan lainnya,” ujar Jokowi, dilansir dari 20detik pada Kamis (7/12/2023).

banner 336x280

Presiden Jokowi mengakui bahwa tidak ada satu solusi yang dapat diterapkan secara universal untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan, mengingat setiap negara memiliki kekuatan dan tantangan yang berbeda. Dalam konteks Indonesia, Jokowi menyoroti keunggulan seperti lahan yang cukup dan subur, sumber daya manusia yang melimpah, serta konektivitas infrastruktur yang mendukung ekosistem pertanian.

“Kolaborasi global harus diperkuat investasi untuk pertanian dan pertanian sangat diperlukan, terutama karena produk-produk pertanian dan pangan juga dapat menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan,” tambahnya.

Jokowi juga menyatakan harapan bahwa inisiatif tersebut akan menghasilkan hasil yang konkrit untuk menciptakan dunia yang lebih sejahtera. Dalam konteks pertanian Indonesia, Presiden melihat potensi untuk memanfaatkan lahan secara optimal, baik untuk kemakmuran pertanian skala kecil maupun pengembangan food estate skala besar dengan dukungan pendanaan dan transfer teknologi tinggi.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan tujuan diselenggarakannya COP28 Dubai. Tujuan utamanya adalah mendiskusikan beberapa hal dan mengonfirmasi aksi iklim lebih lanjut, terutama dalam konteks emisi dari sektor energi, industri, limbah, dan pertanian yang dihadapi Indonesia.

Melalui partisipasinya dalam forum internasional ini, Indonesia berharap dapat memainkan peran aktif dalam memajukan isu-isu krusial terkait pertanian berkelanjutan dan aksi iklim global.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.