Kulit Pisang Elektrik: Rahasia Harga Tinggi Mobil Listrik Terungkap dari Baterainya

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 7 Desember 2023 – Harga baterai menjadi sosok biang kerok di balik mahalnya mobil listrik di Indonesia. Dalam dunia elektrifikasi ini, baterai bukan hanya sekadar penyokong, melainkan pendorong utama harga yang tinggi. Sebagai gambaran, mari kita kupas harga-harga baterai mobil listrik yang menghiasi pasar tanah air.

Meski mobil listrik semakin populer, banderolnya masih di atas angka Rp 500 juta untuk beberapa model. Seorang narasumber detikOto mengungkapkan bahwa harga baterai berkontribusi signifikan terhadap mahalnya harga mobil listrik, termasuk Toyota bZ4X yang memiliki banderol Rp 1,19 miliar, dengan harga baterai mencapai Rp 540 juta.

banner 336x280

“Kalau bZ4X kurang lebih harganya 1/2 dari harga mobilnya, Rp 540 juta,” terang sumber detikOto.

Baterai jenis Lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang menghidupi bZ4X mampu menjelajah sejauh 500 km. Performa tenaganya mencapai 204 HP dan torsi 266 Nm, menciptakan akselerasi yang memukau. Sistem pendinginan air pada baterai, seperti radiator mesin, menambah nilai teknologinya.

Hyundai Ioniq 5 juga turut menyumbangkan kisah harga baterai. Dengan dua pilihan kapasitas, yaitu 58 kWh untuk varian standar dan 72,6 kWh untuk long range, harga keduanya berselisih Rp 100 jutaan.

“Harga baterai Hyundai Ioniq 5 yang standar berkisar Rp 300 jutaan, kalau yang long range kira-kira Rp 400 juta,” ungkap Fajar Ahya, Assembly Processing Engineer PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Wuling Air ev, dengan banderol sepertiga dari harga mobilnya, juga mengungkap misteri harga baterai. Danang Wiratmoko dari Wuling Motors mengungkapkan bahwa harga baterai Wuling Air ev varian Long Range hampir menyentuh Rp 100 juta.

“Mendekati Rp 100 juta yang long range,” jelas Danang.

Dengan kapasitas baterai 26,7 kWh, Wuling Air ev Long Range mampu menempuh jarak hingga 300 km. Baterai Lithium Ferro-Phosphate yang tahan air dan debu setingkat rating IP67 menambah kenyamanan pengguna.

Melalui jendela harga baterai ini, konsumen dan pelaku industri dapat lebih memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada harga mobil listrik, membuka wawasan terkait teknologi dan ekonomi di balik kehadiran kendaraan ramah lingkungan ini di Indonesia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.