Kemdikbudristek Imbau Perguruan Tinggi Hentikan Program Ferienjob di Jerman, KBRI Berlin Berikan Peringatan

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – KBRI Berlin menyampaikan imbauan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terkait program ferienjob di Jerman. Melalui surat nomor 1032/E.E2/DT.00.05/2023, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud RI menegaskan kepada perguruan tinggi di Indonesia untuk menghentikan keikutsertaan mahasiswanya dalam program ferienjob.

Menurut informasi yang dihimpun dari situs KBRI Berlin pada Jumat (8/12/2023), Kemdikbudristek mengungkapkan adanya indikasi pelanggaran terhadap mahasiswa yang terlibat dalam ferienjob. Dalam surat imbauannya, Kemdikbudristek menyatakan bahwa kegiatan ferienjob tidak memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran mahasiswa, melainkan justru menimbulkan pelanggaran terhadap hak-hak mahasiswa.

banner 336x280

“Ferienjob juga tidak memenuhi kriteria untuk dapat dikategorikan dalam aktivitas MBKM,” demikian keterangan yang tertulis di situs KBRI Berlin.

KBRI Berlin turut memberikan imbauan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) agar mempelajari dengan seksama kegiatan yang akan diikuti di luar negeri, termasuk program ferienjob. Mereka juga diminta untuk mempersiapkan diri agar terhindar dari permasalahan yang mungkin timbul, termasuk risiko terlantar di luar negeri.

Sebagai informasi, dalam media sosial, banyak pembahasan mengenai WNI di Jerman yang mengalami kesulitan setelah mengikuti program ferienjob. Para WNI disebut-sebut dijanjikan pekerjaan sesuai bidang, namun ternyata dipekerjakan di sektor berat.

KBRI Berlin menegaskan bahwa ferienjob bukanlah program magang untuk mahasiswa. Jenis pekerjaan yang dilakukan dalam program ini melibatkan tenaga fisik, seperti mengangkat kardus logistik, packing barang untuk dikirim, mencuci piring di restoran, hingga menangani koper di bandara (porter).

“Ferienjob tidak dilaksanakan dalam kerangka kerja sama bilateral antar Pemerintah. Ferienjob tidak berhubungan dengan kegiatan akademis dan/atau kompetensi akademik mahasiswa,” tulis KBRI Berlin.

Dalam penjelasan lebih lanjut, KBRI Berlin menyebutkan bahwa tujuan ferienjob adalah untuk mengisi kekurangan tenaga kerja fisik di berbagai perusahaan Jerman. Program ini hanya bertujuan mengisi masa liburan semester mahasiswa dengan bekerja dan mendapatkan uang tambahan.

“Beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Perguruan Tinggi Jerman juga pernah mengikuti ferienjob dengan bekerja di pabrik atau menjadi kurir delivery guna mengisi waktu libur kuliah resmi Perguruan Tinggi di Jerman dan untuk mendapatkan uang saku tambahan. Mahasiswa Indonesia di Jerman mengetahui bahwa ferienjob ini tidak ada kaitan dengan kegiatan akademik mahasiswa,” tambah KBRI Berlin.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.