, ,

KPU Resmi Umumkan Urutan dan Tema Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024: Ekonomi Digital dan Lingkungan Jadi Sorotan

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah secara resmi mengumumkan urutan dan tema debat untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Pengumuman ini menjadi langkah awal yang dinanti-nantikan menjelang pesta demokrasi nasional.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengungkapkan pada Rabu (6/12) bahwa debat pertama akan diperuntukkan bagi capres, dilanjutkan dengan debat kedua untuk cawapres, dan seterusnya, hingga debat terakhir untuk capres.

banner 336x280

Selain urutan debat, Hasyim juga merinci tema-tema yang akan diangkat dalam setiap sesi debat. Tema untuk debat pertama mencakup pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara itu, debat kedua yang merupakan panggung cawapres akan membahas ekonomi, termasuk ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital. Hasyim menjelaskan, “temanya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan.”

Adapun tema debat ketiga mengenai pertahanan dan keamanan, sedangkan tema keempat terkait dengan pembangunan keberlanjutan. Debat ketiga, yang menjadi porsi debat capres, akan membahas pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Debat keempat yang menjadi porsinya cawapres temanya adalah pembangunan keberlanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa,” tambahnya.

Tema debat terakhir, yang menjadi porsi debat capres, melibatkan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat pertama dijadwalkan berlangsung pada 12 Desember 2022 di Kantor KPU RI, dan debat terakhir akan dilaksanakan pada 4 Februari 2024. Sedangkan lokasi debat kedua hingga kelima belum ditentukan.

Sebagai informasi tambahan, seluruh debat akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah televisi nasional dan saluran media elektronik lainnya. Jadwal debat selanjutnya adalah 22 Desember 2023, 7 Januari, dan 21 Januari 2024.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.