Menteri Muhadjir Tinjau Natal dan Tahun Baru: ‘Arus Lalin Meningkat, Pengendara Diminta Cek Kendaraan!’

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan tinjauan langsung di command center PJR Korlantas Polri Km 29, untuk memantau arus lalu lintas selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Didampingi oleh petinggi Korlantas Polri, Muhadjir memberikan pernyataan terkait kondisi lalu lintas yang sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pagi ini saya berkunjung ke Km 29 command center dari Korlantas Polri, kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala. Memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu tetapi masih bisa diatasi,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Senin (25/12/2023).

banner 336x280

Menurut hasil evaluasi Korlantas Polri, sebelumnya tercatat adanya 39 kendaraan mogok di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada tanggal 23 Desember 2023, yang mempengaruhi kepadatan arus lalu lintas di ruas tol tersebut. Muhadjir menegaskan bahwa perlu perhatian khusus terhadap kondisi kendaraan saat melakukan perjalanan.

“Jadi kemarin tanggal 23 Desember 2023, Jakarta-Cikampek ada 39 kendaraan mogok mulai dari kekurangan bahan bakar, as-nya patah, dan ban kempes, sementara di MBZ ada 14 (kendaraan) dan ini tidak terjadi tahun lalu,” ungkap Muhadjir.

Muhadjir memberikan himbauan kepada para pengendara untuk selalu melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum melakukan perjalanan, terutama saat mudik atau liburan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga staminanya selama perjalanan.

“Cek betul kondisi ban, BBM, mesin, semua dicek betul, jangan sampai ada gangguan misalnya ada kendaraan mogok. Satu kita bisa ngitung itu antrian dalam waktu satu jam berapa nanti akan mobil yang di belakangnya tidak bisa lewat apalagi kalau itu dalam posisi arus contraflow,” pesannya.

Selain itu, Muhadjir juga menyampaikan bahwa pihak kepolisian tengah melakukan pengamanan di beberapa tempat wisata. Ia mencatat bahwa kawasan Ancol, Jakarta Utara, mengalami kepadatan, dan ia menyarankan masyarakat untuk mencari alternatif tempat wisata lain demi menghindari kerumunan.

“Berdasarkan pantauan dari Korlantas jalur ke arah Puncak semakin padat, begitu juga dengan wilayah Ancol. Sementara untuk Ragunan masih relatif sepi, saya sarankan pergi wisata ke Ragunan dulu jangan ke Ancol, karena Ancol mulai padat mungkin tidak nyaman untuk tempat wisata,” tutupnya. [Tautan Sumber](sumber_berita)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.