PT IMIP Penuhi Hak Korban Ledakan Smelter: Jenazah Dipulangkan, Santunan dan Jaminan Pendidikan Diberikan

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Manajemen PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) telah mengirim pulang sembilan jenazah pekerja yang menjadi korban ledakan tungku smelter nikel di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS). Korban, yang terdiri dari sembilan warga Indonesia dan empat warga negara China, kini dalam proses pengantaran ke rumah keluarga masing-masing.

Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan, menyampaikan dalam keterangan tertulis pada Senin (25/12), “Sebanyak sembilan orang pekerja Indonesia telah dalam proses pengantaran ke rumah kerabat masing-masing.”

banner 336x280

Dedy menjelaskan bahwa malam ini, jenazah empat korban warga negara China juga akan segera dikirim pulang ke keluarga masing-masing. “Sementara untuk empat jenazah tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok akan diberangkatkan malam ini,” ujarnya.

PT IMIP telah memberikan santunan awal sebesar Rp25 juta per orang bagi setiap korban yang meninggal dunia. Seluruh biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah keluarga masing-masing juga ditanggung oleh perusahaan.

Selain santunan awal, ahli waris korban juga akan menerima santunan lain, yaitu jaminan santunan sebanyak 48 kali dari upah pokok terendah di Kawasan IMIP, yang mencapai Rp3.675.000 atau setara Rp174.400.000. Dana pemakaman jenazah senilai Rp10 juta juga akan diberikan.

Dedy menjelaskan, “Bakal diberikan pula santunan berkala yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp12 juta.” PT IMIP memastikan bahwa keluarga korban yang memiliki anak usia sekolah juga akan mendapatkan santunan pendidikan bagi dua orang anak mereka sampai ke jenjang perguruan tinggi.

“Santunan pendidikan itu tidak lebih dari Rp174 juta dan mendapatkan Jaminan Hari Tua (JHT) sesuai iuran yang didapat,” tambahnya.

Selain memastikan pemenuhan hak korban dan keluarganya secara layak, PT IMIP juga terus melakukan penanganan korban yang luka secara berkala dan berkelanjutan. Perusahaan berkomitmen untuk memberikan dukungan menyeluruh kepada para korban dan keluarganya dalam menghadapi dampak tragis ini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.