Antisipasi Kemacetan: Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Natal di Tol Cikampek

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Puncak arus balik libur Natal diperkirakan terjadi hari ini, dan pihak kepolisian bersama stakeholder terkait telah merencanakan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di Tol Cikampek. “Rencana rekayasa lalu lintas arus balik Natal tanggal 26 Desember 2023 pukul 14.00 sampai dengan 24.00,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Edy Djunaedi pada Selasa (26/12/2023).

Rekayasa lalu lintas ini mencakup penggunaan sistem one way atau satu arah hingga contraflow. Rekayasa one way akan diterapkan mulai dari KM 188 GT Palimanan hingga KM 72 GT Cikampek Utama. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan penerapan contraflow.

banner 336x280

Berikut adalah skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan:

  1. Rekayasa lalu lintas one way dari KM 188 GT Palimanan sampai dengan KM 72 GT Cikampek Utama.
  2. Rekayasa lalu lintas contra flow menggunakan dua lajur dari KM 72 sampai dengan KM 47.
  3. Rekayasa lalu lintas contra flow menggunakan satu lajur dari KM 47 sampai dengan KM 36.
  4. Kendaraan dari Bandung yang akan menuju ke Cirebon melalui Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujung Jaya-Majalengka-Cirebon-Palimanan 3.
  5. Kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik dapat keluar melalui sejumlah gate interchange seperti Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati, Cikopo.

Dengan penerapan rekayasa lalu lintas ini, diharapkan dapat meminimalkan kemacetan dan memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta setelah merayakan Natal di luar kota. Masyarakat diimbau untuk memperhatikan skema rekayasa ini dan bersiap-siap mengikuti arahan petugas di lapangan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.