Perebutan Elektabilitas Capres-Cawapres Pilpres 2024, Siapa yang Unggul?

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024 terus mengalami dinamika yang menarik. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md saling bersaing ketat seiring berbagai lembaga survei yang terus merilis hasil survei terkini.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia baru-baru ini merilis survei elektabilitas yang dilaksanakan pada 23-24 Desember 2023, setelah debat cawapres kedua pada 22 Desember 2023. Survei ini melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak. Menurut hasil survei, pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan elektabilitas sebesar 46,7%, unggul atas Ganjar-Mahfud (24,5%) dan Anies-Cak Imin (21%).

banner 336x280

Burhanuddin Muhtadi, Direktur Indikator Parameter Politik Indonesia, menggarisbawahi bahwa hasil survei menunjukkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin masih berada dalam margin of error, sehingga belum dapat dipastikan siapa yang akan menjadi pesaing utama Prabowo-Gibran di putaran kedua.

Sementara itu, Polling Institute juga merilis survei elektabilitas pada 15-19 Desember 2023. Hasilnya menunjukkan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 46,1%, sementara Anies-Muhaimin mencapai 22,6%, dan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan menjadi 20,5%.

Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute, menyampaikan bahwa dalam simulasi tiga pasangan, Prabowo-Gibran mengalami kenaikan elektabilitas, sementara dua pasangan lainnya mengalami fluktuasi. Belum menentukan pilihan sebanyak 10,8% menjadi catatan menarik dalam survei ini.

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) turut merilis survei elektabilitas pada 13-18 Desember 2023. Pasangan Prabowo-Gibran kembali unggul dengan elektabilitas 43,7%, diikuti Anies-Muhaimin (26,1%) dan Ganjar-Mahfud (19,4%).

Meskipun hasil survei menunjukkan Prabowo-Gibran memimpin, namun belum dapat dipastikan siapa yang akan menjadi lawan mereka di putaran kedua. Kedua pasangan, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin, memiliki peluang yang sama jika Prabowo-Gibran tidak meraih 50% plus 1% suara. Sebuah misteri politik yang semakin menarik menjelang pencoblosan Pilpres 2024.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.