Israel Tarik Sebagian Pasukan dari Gaza, Agresi Brutal Diprediksi Berlanjut Hingga 2024

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, CNN Indonesia — Militer Israel membuat keputusan mengejutkan dengan menarik sebagian pasukannya dari Jalur Gaza Palestina, menciptakan antisipasi akan fase baru agresi yang lebih dahsyat di wilayah tersebut. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memperkirakan bahwa agresi brutal mereka di Gaza akan terus berlangsung hingga tahun 2024.

Dalam pernyataan resmi, juru bicara IDF, Daniel Hagari, menjelaskan bahwa penarikan personel dilakukan untuk mempersiapkan pasukan menghadapi fase baru agresi, mengingat “perang membutuhkan pertempuran yang berkepanjangan.”

banner 336x280

IDF mengonfirmasi bahwa Brigade ke-551 dan ke-14, yang terdiri dari pasukan cadangan, akan dipulangkan dan kembali ke kehidupan sipil mereka dalam pekan ini. Sedangkan Brigade ke-828 yang melatih komandan pasukan, Brigade ke-261 yang melatih perwira militer, dan Brigade ke-460 yang melatih korps lapis baja juga akan kembali ke Israel untuk melakukan pelatihan.

“Kembalinya pasukan cadangan bertujuan memastikan perencanaan dan persiapan untuk kelanjutan (agresi) pada 2024 sebagai pemahaman bahwa kita akan diminta untuk melakukan tugas tambahan dan peperangan sepanjang tahun ini,” ungkap Hagari seperti dilaporkan oleh CNN pada Selasa (2/1).

Selain itu, penarikan pasukan ini juga disebut sebagai upaya Israel untuk merelatifkan beban ekonomi negara terkait biaya perang dan menghemat tenaga pasukan militer untuk fase agresi baru yang diperkirakan akan datang.

Agresi brutal Israel terhadap Jalur Gaza dan Tepi Barat Palestina telah berlangsung sejak 7 Oktober lalu. Hingga Selasa, jumlah korban mencapai 21.978 warga Palestina tewas dan 57.697 lainnya terluka sebagai dampak dari agresi tersebut.

Jumlah korban tewas ini mencakup hampir 1 persen dari total populasi warga di Gaza sebelum dimulainya agresi oleh Israel pada Oktober lalu. Peristiwa ini terus mengundang perhatian internasional terkait dampak kemanusiaan dan keberlanjutan konflik di wilayah tersebut.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.