Beredar Duka Indonesia untuk Jepang Pasca Gempa Berkekuatan 7,6 SR

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

JAKARTA – Indonesia turut menyampaikan rasa belasungkawa mendalam atas tragedi gempa bumi yang melanda Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengeluarkan pernyataan resmi pada Rabu (3/1/2024) melalui akun resmi X.

Pernyataan dari Kemlu RI mencerminkan kesedihan mendalam atas bencana alam yang menimpa Jepang. “Indonesia sangat berduka atas bencana gempa bumi yang terjadi di Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang,” demikian bunyi pernyataan Kemlu RI.

banner 336x280

Kemlu RI juga menyampaikan doa dan harapan agar masyarakat Jepang yang terkena dampak gempa dapat pulih secepatnya. “Indonesia menyatakan solidaritasnya dengan masyarakat Jepang, dan kami dengan tulus berharap semua yang terkena dampak bencana alam ini dapat segera pulih sepenuhnya,” tambah pernyataan tersebut.

Dalam perkembangan terkini, gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, Jepang. Dilansir dari kantor berita Jepang Kyodo, Rabu (3/1/2023), jumlah korban tewas akibat gempa tersebut mencapai 57 orang, seperti yang diumumkan oleh pejabat setempat saat tim penyelamat menyisir reruntuhan.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, menyampaikan keprihatinan atas kerusakan parah yang melanda wilayah tersebut. “Kerusakan yang sangat parah telah dipastikan, termasuk banyak korban jiwa, bangunan runtuh dan kebakaran,” ujarnya dalam sebuah pertemuan tanggap bencana.

Sebagian besar rumah di kota pesisir Suzu dilaporkan runtuh, menurut Kyodo yang mengutip pejabat setempat. “Situasinya sangat memprihatinkan, karena sekitar 90 persen rumah telah hancur seluruhnya atau hampir seluruhnya,” ungkap Wali Kota Suzu, Masuhiro Izumiya, pada pertemuan pemerintah prefektur.

Dampak dari gempa ini meluas, dengan hampir 33.000 rumah tangga di wilayah tersebut yang tidak mendapatkan aliran listrik, dan banyak kota yang kini kekurangan pasokan air bersih. Pemerintah Indonesia berharap agar upaya pemulihan di Jepang dapat berjalan dengan cepat dan efisien, serta siap memberikan dukungan sebanyak mungkin dalam mengatasi krisis tersebut.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.