CEO McDonald’s Angkat Bicara Terkait Boikot di Timur Tengah: Duka Cita Atas Mispersepsi

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 5 Januari 2024 – Chris Kempczinski, CEO McDonald’s (MCD.N), mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi pasar di Timur Tengah dan beberapa wilayah lain yang terpukul hebat akibat konflik Israel-Hamas. Salah satu dampak utama yang dirasakan adalah boikot terhadap jaringan restoran cepat saji, termasuk McDonald’s dan Starbucks (SBUX.O), dalam kampanye yang didasari pandangan mereka yang dianggap pro-Israel.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (5/1/2024), Kempczinski menyatakan bahwa ada informasi yang keliru terkait dengan posisi McDonald’s dalam konflik tersebut, dan pihaknya merasa kecewa dengan penyebaran misinformasi yang tidak berdasar.

banner 336x280

“Di setiap negara tempat kami beroperasi, termasuk negara-negara Muslim, McDonald’s diwakili oleh pemegang lisensi lokal yang bekerja tanpa kenal lelah untuk melayani dan mendukung komunitas mereka dan juga mempekerjakan ribuan warganya,” ujar Kempczinski dalam postingan di LinkedIn.

Boikot terhadap McDonald’s pertama kali muncul setelah unggahan McDonald’s Israel di media sosial pada bulan Oktober lalu, yang menyebutkan bahwa mereka memberikan ribuan makanan gratis kepada tentara Israel. Respons penolakan dari waralaba McDonald’s di beberapa negara Muslim pun muncul, menyoroti polarisasi politik regional yang dihadapi perusahaan-perusahaan global selama konflik.

Dampak boikot dirasakan oleh beberapa merek Barat di Mesir dan Yordania, dan fenomena ini juga merambah ke negara-negara di luar kawasan Arab, termasuk Malaysia yang mayoritas penduduknya Muslim.

Sebagai informasi tambahan, konflik antara Israel dan Palestina mencatat sekitar 1.200 warga Israel yang tewas oleh kelompok militan Palestina Hamas pada 7 Oktober lalu. Sementara itu, pemboman Israel di Gaza telah menewaskan sekitar 22.438 orang pada hari Kamis. CEO McDonald’s berharap agar informasi yang lebih akurat dapat menciptakan pemahaman yang lebih baik di tengah situasi yang kompleks ini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.