Erick Thohir Rencanakan Property Fund untuk Memanfaatkan Aset BUMN di Sekitar Monas

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merencanakan pendirian Property Fund yang bertujuan untuk mengelola aset-aset perusahaan pelat merah yang terletak di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan menyusul rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada tahun ini.

Erick Thohir, Menteri BUMN, menjelaskan bahwa Property Fund akan mengonsolidasikan aset-aset BUMN yang saat ini berada di sekitar Monas. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mencegah agar aset-aset tersebut tidak terbengkalai setelah pemindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

banner 336x280

“Dalam upaya mencegah terbengkalainya aset-aset BUMN di kawasan Monas, kami berharap Property Fund dapat menjadi wadah bagi konsolidasi aset-aset tersebut,” ujar Erick melalui akun Instagramnya, seperti yang dilaporkan pada Jumat (5/1/2024).

Aset-aset yang dimaksudkan oleh Erick meliputi gedung perkantoran BUMN. Dia juga menyebut beberapa perusahaan BUMN seperti PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), PTPP (Persero), dan PT Danareksa (Persero) memiliki aset di kawasan tersebut.

Dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara, Erick menjelaskan bahwa tidak mungkin bagi BUMN untuk mempertahankan gedung kementerian di dua lokasi yang berbeda.

“Saya mengerti bahwa Pertamina, Telkom, BSI, Danareksa, PTPP, dan perusahaan lain memiliki aset di sekitar Monas. Oleh karena itu, langkah konsolidasi ini menjadi langkah awal bagi kami,” ungkapnya.

Erick Thohir juga menekankan bahwa melalui Property Fund ini, aset-aset BUMN di sekitar Monas akan dikelola dengan baik dan nilainya akan ditingkatkan sebagaimana investasi properti. Selain itu, wilayah sekitar Monas diharapkan dapat bertransformasi menjadi City Center, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di DKI Jakarta.

Menteri BUMN juga merencanakan pembangunan twin tower di lokasi tersebut, yang berdekatan dengan gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Twin tower ini akan terdiri dari Menara Danareksa dan BSI Tower, dalam rangka mengoptimalkan potensi wilayah sekitar Monas.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.