Waspadai Gejala Gula Darah Tinggi, Terutama saat Bangun Tidur!

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 5 Januari 2024 – Gejala gula darah tinggi bisa muncul kapan saja, bahkan saat bangun tidur di pagi hari. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2. Mengetahui gejala-gejala ini sedini mungkin penting untuk pencegahan dan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa gejala gula darah tinggi yang sering muncul saat bangun tidur:

1. Mulut Kering: Salah satu tanda yang sering diabaikan adalah mulut kering atau xerostomia. Kelenjar air liur yang tidak menghasilkan cukup cairan dapat menyebabkan rasa kering, nyeri di mulut, dan kesulitan menelan.

banner 336x280

2. Haus Berlebihan: Rasa haus yang tidak hilang meskipun telah minum banyak air adalah gejala lain. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kelebihan glukosa dibuang melalui urine, meningkatkan kehilangan cairan dan menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

3. Nafsu Makan Berlebihan: Gula darah tinggi juga dapat memicu nafsu makan yang sangat ekstrem atau disebut polyphagia. Kondisi ini terjadi karena kelebihan glukosa yang terbuang lewat urine, mengakibatkan tubuh kekurangan kalori dan meningkatkan rasa lapar.

4. Kelelahan: Meskipun telah tidur semalaman, rasa lelah yang berlebihan dapat menjadi indikasi gula darah tinggi. Gangguan dalam pemindahan glukosa ke sel sebagai sumber energi dapat membuat tubuh kesulitan mendapatkan energi yang cukup.

5. Penglihatan Kabur: Kadar gula dan cairan yang tinggi dapat mempengaruhi mata, menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Pembengkakan pada jaringan mata juga dapat terjadi, mengganggu fokus penglihatan.

Dalam menghadapi gejala gula darah tinggi, langkah awal yang dapat diambil adalah melakukan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan sehat, olahraga teratur, dan menjaga berat badan ideal. Konsultasi dengan profesional kesehatan dianjurkan untuk penanganan yang lebih spesifik.

Ketika gejala gula darah tinggi terdeteksi lebih awal, upaya pencegahan dapat dilakukan, dan risiko komplikasi yang lebih serius dapat diminimalkan. Masyarakat diingatkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan gula darah dan melakukan pemeriksaan secara berkala untuk deteksi dini.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.