,

Ekstremis Israel Ajak Serbuan Massal ke Kompleks Masjid Al Aqsa: Bentuk “Penghormatan” Pasukan Israel yang Gugur

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta, 10 Januari 2024 – Gerakan ekstremis pendudukan Israel, Temple Mount dan Eretz Yisrael Faithful Movement, mengeluarkan seruan kontroversial untuk melancarkan serbuan massal ke kompleks Masjid Al Aqsa. Tindakan ini diumumkan sebagai penghormatan terakhir bagi pasukan Israel yang meninggal dalam serangan di Jalur Gaza.

Roya News melaporkan bahwa serbuan direncanakan pada Kamis, 11 Januari 2024, bertepatan dengan awal bulan Ibrani. Serbuan ini dipilih sebagai bentuk penghormatan atas kepergian seorang perwira cadangan Israel, Harel Sharvit, yang tewas dalam konfrontasi dengan pejuang Palestina selama serangan di Jalur Gaza.

banner 336x280

Kelompok ekstremis ini mengklaim Sharvit adalah salah satu anggota yang secara rutin ikut dalam penyerbuan ke Masjid Al Aqsa untuk beribadah. Serangan tersebut menjadi pemicu bagi pengikut gerakan ini untuk melancarkan serbuan besar-besaran.

Tindakan serupa telah terjadi sebelumnya pada Senin (8/1/2024), di mana puluhan pemukim Israel dilaporkan menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa. Mereka diberitakan masuk melalui Gerbang Maroko, sebuah tindakan yang menuai kecaman dari saksi mata serta otoritas Palestina.

WAFA, kantor berita Palestina, telah mendesak intervensi internasional untuk menghentikan serangan semacam itu. Menurut mereka, aksi pemukim Israel yang menginjak-injak sensitivitas umat Islam secara global adalah sebuah penghinaan.

Data resmi dari Kegubernuran Yerusalem mencatat bahwa sebanyak 55.158 pemukim Israel telah menyerbu Masjid Al Aqsa sepanjang tahun 2023. Pasukan pendudukan bersenjata penuh dilaporkan secara ketat melindungi mereka, sementara akses umat Islam Palestina ke masjid tersebut dibatasi.

Oktober 2023, 8 ribu pemukim Israel serbu Masjid Al-Aqsa, catat Observatorium Al-Azhar. Keseluruhan tindakan ini telah memicu keprihatinan besar di seluruh dunia atas eskalasi ketegangan di wilayah tersebut.

Masjid Al Aqsa tetap jadi fokus ketegangan di Timur Tengah, menunjukkan konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.