,

AS-Inggris Guncang Houthi di Laut Merah, Timur Tengah Terancam Konflik Luas

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Blitar – Laut Merah menjadi saksi ketegangan baru setelah Amerika Serikat (AS) dan Inggris secara resmi melancarkan serangan udara terhadap kelompok milisi Houthi di Yaman. Dilaporkan oleh saksi mata, serangan yang melibatkan jet tempur dan rudal Tomahawk tersebut menghantam beberapa kota di Yaman, yang dikuasai oleh kelompok Houthi.

Serangan ini diklaim sebagai respons terhadap provokasi Houthi yang sering menyerang rute laut internasional, terutama pasca-perang Gaza. Serangan ini dianggap sebagai bentuk protes terhadap serangan Israel terhadap Gaza.

banner 336x280

Serangan udara Houthi di Yaman meningkatkan risiko konflik Timur Tengah antara AS, Israel, dan Iran beserta proksi-regionalnya.

Iran, yang dianggap sebagai pendukung utama Houthi, telah memberikan peringatan khusus kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam surat peringatan tersebut, Iran menyatakan bahwa campur tangan AS dapat membuat Timur Tengah semakin tidak stabil. Tehran menuduh AS dan Israel mengalihkan perhatian dunia dari serangan brutal di Gaza dan Tepi Barat.

Perwakilan Iran di PBB menyatakan, tuduhan AS-Israel terhadap Iran di Laut Merah untuk mengalihkan perhatian dari serangan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Sementara, ketegangan di Laut Merah memunculkan kekhawatiran akan eskalasi konflik yang dapat melibatkan aktor-aktor besar di Timur Tengah.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.