,

Cawapres Gus Imin Dorong Kembalikan Produksi Telur pada Rakyat untuk Atasi Krisis Peternakan Unggas

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Blitar, 12 Januari 2024 – Cawapres nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Gus Imin, menyoroti penurunan produksi telur dari para peternak unggas dalam beberapa tahun terakhir. Dalam upayanya menanggulangi masalah ini, Gus Imin meminta agar produksi telur dikembalikan kepada usaha rakyat.

Dalam sebuah dialog dengan para peternak unggas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Gus Imin mengungkapkan bahwa peternak unggas mengalami kerugian signifikan selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, ada dua sebab utama dari penurunan produksi ini.

banner 336x280

“Pertama, harga telur terus mengalami penurunan. Kedua, harga pangan terus meningkat secara signifikan,” ujar Gus Imin pada Kamis, (11/1/24).

Gus Imin menjelaskan penyebab utama penurunan produksi telur tersebut pada acara ‘Lesehan AMIN: Lenggah Lan Sarasehan Bareng Peternak Unggas’, yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini. Menurutnya, masalah ini bisa diatasi dengan dua langkah konkrit.

“Pertama, ada mafia penjual telur yang mestinya integrator itu berfungsi memproduksi telur khusus bibit ayam bukan dijual ke masyarakat,” terangnya.

Gus Imin tegaskan, pemerintah harus menegakkan hukum agar telur hasil penetasan tak dijual ke masyarakat. Ia berpendapat usaha ternak telur seharusnya dikelola oleh rakyat, bukan perusahaan besar.

“Intinya, kembalikan peternak telur ini kepada rakyat bukan kepada perusahaan-perusahaan besar. Aturannya sebenarnya sudah ada, tapi penegakkan hukumnya tidak terjadi, sehingga harga turun,” tambahnya.

Gus Imin berkomitmen memulihkan usaha ternak dan produksi telur rakyat sebagai respons terhadap keluhan peternak, termasuk fluktuasi harga telur dan kenaikan harga pakan.

Gus Imin turut mengunjungi usaha ternak rakyat dan secara simbolis ikut serta dalam proses panen telur. Acara ini dihadiri oleh ratusan peternak unggas yang menyampaikan aspirasinya kepada Gus Imin.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.