,

Fintech GandengTangan Salurkan Pendanaan Rp 40 Miliar di Jawa Timur Sepanjang 2023: Pertumbuhan Mengesankan 400% dari Tahun Sebelumnya

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

KeludNews.com – Dalam pencapaian luar biasa, perusahaan pinjaman peer-to-peer (P2P) Fintech GandengTangan berhasil menyalurkan pendanaan lebih dari Rp 40 miliar di seluruh wilayah Jawa Timur sepanjang tahun 2023.

CEO GandengTangan, Jezzie Setiawan, dengan bangga menyatakan bahwa angka ini mencerminkan peningkatan yang mengesankan sebesar 400% jika dibandingkan dengan pendanaan yang disalurkan pada tahun 2022.

banner 336x280

“Jumlah ini merupakan penyaluran terbesar di antara semua provinsi yang dicakup oleh GandengTangan, mencapai 20,7% yang signifikan,” ujar Jezzie dalam siaran pers pada Jumat (13/1).

Jezzie menyoroti bahwa pembiayaan tersebut telah diterima oleh lebih dari 11 ribu pengusaha mikro yang tersebar di berbagai kota seperti Surabaya, Jember, Kediri, Mojokerto, Ponorogo, dan Blitar. Penyaluran tersebut dominan untuk sektor perdagangan besar, eceran, dan jasa perorangan yang melayani rumah tangga.

Pertumbuhan fenomenal ini dikaitkan dengan komitmen perusahaan untuk terus memperluas kerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di berbagai daerah, termasuk Jawa Timur, guna memaksimalkan pendanaan produktif bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai sektor.

Setelah setahun berkolaborasi dengan BPR Prima Kredit Utama dan BPR Bank Jombang, GandengTangan berambisi menyalurkan Rp 55 miliar untuk UMKM di Jawa Timur pada 2024.

Demi mencapai tujuan ambisius tersebut, Jezzie menegaskan GandengTangan akan memperkuat kerjasama dengan pemberi pinjaman, termasuk perusahaan modal ventura dan BPR. Dengan jangkauan hyperlocal, Jezzie menekankan bahwa BPR telah menjadi mitra strategis untuk pertumbuhan berkelanjutan UMKM.

Melalui kolaborasi yang terus berlanjut, kami berharap tetap mendukung pertumbuhan usaha kecil di daerah yang masih kurang akses ke produk keuangan.

Jezzie menekankan potensi besar penyaluran pendanaan di Jawa Timur, terbukti dari peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan. Pada tahun 2022, indeks literasi di Jawa Timur mencapai 55,32%, melebihi rata-rata nasional sebesar 49,68%. Selain itu, tingkat inklusi keuangan pada tahun 2022 adalah 92,99%, dibandingkan dengan tingkat nasional sebesar 85,10%.

Dipimpin Jezzie, GandengTangan manfaatkan lebih dari 25 ribu UMKM di seluruh Indonesia. Hanya dalam tahun 2023, GandengTangan telah menyalurkan dana lebih dari Rp 174 miliar, dengan batas pinjaman hingga Rp 2 miliar.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.