PLN Catat Rekor Penjualan Listrik Tertinggi di Tahun 2023, Naik 5,32 Persen

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Surabaya – PT PLN (Persero) mengumumkan bahwa mereka berhasil mencatat rekor penjualan listrik tertinggi pada tahun 2023 dengan kenaikan sebesar 5,32 persen, mencapai 285,23 Terawatt hour (TWh), dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 270,82 TWh. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam dominasi sektor bisnis dan industri.

Segmen bisnis menjadi penopang utama pertumbuhan penjualan listrik PLN pada tahun 2023, mencapai pertumbuhan sebesar 12,53 persen. Sementara itu, segmen industri menyumbang sebesar 30,72 persen dari total penjualan energi listrik, menjadikannya penyumbang terbesar.

banner 336x280

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa capaian positif ini merupakan hasil dari perubahan strategi bisnis PLN. “Dari yang dulunya stagnan, berorientasi pada pasokan, sekarang menjadi pengembangan bisnis yang ekspansif dan dinamis, berorientasi pada permintaan dan kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Salah satu strategi yang mendukung pertumbuhan ini adalah program ekstensifikasi, termasuk upaya akuisisi captive power, yang mengajak pelanggan bisnis dan industri beralih dari pembangkit listrik milik sendiri ke listrik PLN. Sebanyak 10 pelanggan besar ikut serta dalam program ini sepanjang tahun 2023.

Darmawan menyebut PLN terapkan strategi electrifying agriculture dan electrifying marine untuk dukung modernisasi pertanian dan kelautan.

Dengan pencapaian ini, PLN menunjukkan kesiapannya untuk terus menjadi penggerak roda perekonomian negara. Darmawan optimis bahwa PLN siap memenuhi kebutuhan listrik di seluruh penjuru tanah air, terutama untuk sektor bisnis dan industri.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.