“127 Event Wisata Riau 2024: ‘Mata Jiwa’ Tawarkan Pariwisata yang Unik dan Menggairahkan”

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Blitar – Pemerintah Provinsi Riau bersiap-siap merilis kalender event pariwisata 2024 dengan tema “Mata Jiwa”. Acara peluncuran, yang diberi judul “Launching Calendar of Events Pariwisata Riau 2024”, akan berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa (16/1/2024).

Total sebanyak 127 agenda pariwisata dari 12 kabupaten dan kota di Riau akan menjadi daya pikat utama bagi pelancong tahun ini. Melibatkan sentuhan kreatif dan nuansa keindahan, kalender ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

banner 336x280

Acara peluncuran ini akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, serta Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. Selain itu, delegasi dari Kemenparekraf, Kemenkomarves, Kemendagri, Gubernur se-Indonesia, Forkopimda Riau, dan Bupati/Wali Kota se-Riau juga diundang untuk turut serta.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan dihadiri oleh Ketua Persatuan Masyarakat Riau di Jakarta, dan 200 agen travel di DKI Jakarta. Menariknya, 22 Duta Besar Negara yang menjadi target pasar pariwisata Riau juga dipastikan hadir dalam kesempatan ini.

Atraksi hiburan yang dirancang untuk menghibur para hadirin termasuk penampilan istimewa oleh Indra Perdana Sinaga atau Naga (Ada Band). Serta ragam tarian dari Sanggar Sri Melayu, Atan Hip-hop, Teja Fatashena, dan artis Melayu Riau, Syarifah.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan sebagai ajang promosi agenda wisata di Riau. Selain itu, tujuan lainnya adalah memperkenalkan sejumlah destinasi wisata yang tersebar di daerah yang terkenal dengan sebutan “Bumi Lancang Kuning”.

“Acara ini digagas untuk mempromosikan events dan destinasi pariwisata di tingkat nasional dan internasional. Ada 127 events dari 12 kabupaten/kota di Riau yang akan diluncurkan. 22 Duta Besar Negara yang menjadi target pasar pariwisata Riau juga dipastikan hadir pada acara ini,” ujar Roni Rakhmat pada konferensi pers Senin (15/1/2024).

Roni menambahkan bahwa acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Dispar Riau, Kemenparekraf RI, Dinas Pariwisata di 12 kabupaten/kota di Riau, serta melibatkan insan dan pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), akademisi, media, dan pemangku kepentingan di sektor parekraf lainnya.

“Saatnya pariwisata Riau bangkit kembali setelah berangsur-angsur pulih dari dampak pandemi COVID-19. Kita harus berkolaborasi dan bekerja sama memperbaiki kualitas events yang menarik, menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing. Dengan dukungan dari seluruh insan parekraf, InsyaAllah pariwisata Riau bisa menjadi daya tarik wisatawan,” ungkap Roni.

Roni menekankan bahwa sektor pariwisata di Riau memiliki potensi besar untuk menciptakan kantung-kantung perekonomian di daerah. Berbagai event dengan spirit keberlanjutan diharapkan dapat menjadi promosi yang baik untuk meningkatkan citra pariwisata Riau di mata wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Pihak kami terus meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk menghasilkan events berkualitas yang mampu menarik pergerakan wisatawan ke Riau. Dengan berbagai upaya yang kita lakukan, sektor parekraf di Riau akan semakin baik. Hadirnya 127 agenda wisata di Riau, tentu akan berdampak langsung terhadap perputaran ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Roni juga mengajak insan parekraf untuk menciptakan optimisme dan energi positif dalam memajukan sektor parekraf di Provinsi Riau. Harapannya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuka peluang lapangan pekerjaan.

“Semoga events dan destinasi pariwisata di Riau menjadi berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.