Performa Kuartal IV/2023 : Meski Melambat, Dunia Usaha Tetap Kokoh Dukungan Kegiatan Besar

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) baru-baru ini merilis hasilnya, mengungkapkan bahwa meskipun terjadi perlambatan pada Kuartal IV/2023, dunia usaha tetap mempertahankan kekuatannya. Hasil survei menunjukkan bahwa nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada periode tersebut mencapai 13,17%, sedikit lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang mencatatkan 15,65%.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam keterangannya pada Kamis (18/1/2024), menyatakan bahwa keberlanjutan kinerja positif dunia usaha didukung oleh peningkatan beberapa sektor dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. “Kinerja kegiatan usaha yang tetap kuat ditopang oleh kinerja beberapa lapangan usaha yang meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya,” ujar Erwin.

banner 336x280

Dia menyatakan bahwa tingginya permintaan masyarakat selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru juga mendukung pertahanan kinerja dunia usaha. Beberapa sektor yang mengalami peningkatan meliputi perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor, transportasi, pergudangan, penyediaan akomodasi, makanan minuman, serta sektor informasi dan komunikasi.

Di sisi lain, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan mengalami kontraksi akibat masuknya musim tanam, kekeringan, dan hama yang memengaruhi produksi. Erwin menjelaskan bahwa kapasitas produksi terpakai tetap kuat sebesar 73,91% pada Kuartal IV/2023, meskipun sedikit lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang mencapai 75,17%. Penurunan kapasitas produksi terutama terjadi pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, industri pengolahan, serta pengadaan listrik.

“Sementara lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan berada pada fase kontraksi, lapangan usaha industri pengolahan tetap kuat seiring dengan tersedianya kapasitas penyimpanan dan sarana produksi. Begitu pula dengan lapangan usaha konstruksi yang terus kokoh seiring penyelesaian beberapa proyek,” papar Erwin.

Lebih lanjut, Erwin menyebutkan bahwa penggunaan tenaga kerja juga tetap kuat, sejalan dengan kondisi keuangan dunia usaha yang membaik di semua aspek, termasuk likuiditas, rentabilitas, dan akses pembiayaan yang semakin mudah. Dengan demikian, meskipun mengalami perlambatan, dunia usaha pada Kuartal IV/2023 masih kokoh berdiri, menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.