Crazy Rich Surabaya Terlibat Skandal Gugatan Palsu Melawan PT Antam

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Surabaya – Budi Said, seorang crazy rich asal Surabaya, diketahui telah terlibat dalam skandal hukum dengan PT Antam sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Penyelidikan mengungkapkan bahwa Budi Said telah mengajukan gugatan kepada PT Antam dengan menggunakan surat jual-beli emas palsu.

Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kejagung, Kuntadi, mengungkapkan bahwa Budi Said menggunakan dokumen palsu tersebut untuk menutupi transaksi jual-beli emas yang sebenarnya dilakukan dengan Butik Surabaya 1 Antam. Dalam konferensi pers di Kejagung pada Kamis (18/1), Kuntadi menjelaskan bahwa surat tersebut membuat seolah-olah PT Antam masih memiliki kewajiban untuk menyerahkan logam mulia kepada Budi Said. Akibatnya, Budi Said mengajukan gugatan perdata berdasarkan surat palsu tersebut.

banner 336x280

Menurut Kuntadi, Budi Said tidak bertindak sendirian dalam upaya pemalsuan surat tersebut. Dugaan kuat muncul bahwa Budi berkolaborasi dengan EA dan tiga pegawai PT Antam, yang diidentifikasi dengan inisial AP, EK, dan MD. Peristiwa ini diduga terjadi antara Maret hingga November 2018.

Kuntadi menjelaskan bahwa pada periode tersebut, PT Antam tidak memberlakukan diskon untuk harga jual-beli emas. Namun, Budi Said melakukan mekanisme di luar aturan, sehingga PT Antam kehilangan kendali terhadap transaksi logam mulia yang masuk dan keluar.

“Pelaku menggunakan pola transaksi di luar mekanisme resmi Antam, membuat kontrol Antam terhadap keluar masuk logam mulia dan jumlah uang menjadi tidak efektif,” ungkap Kuntadi.

Akibat pemalsuan ini, PT Antam mengalami kerugian sebesar 1.136 kg logam mulia atau setara dengan Rp 1,2 triliun. Jumlah uang yang diberikan oleh Budi Said dan jumlah logam yang diterima menunjukkan selisih yang signifikan.

Awalnya, Pengadilan Negeri Surabaya mengabulkan gugatan Budi Said terhadap Antam, memerintahkan pembayaran ganti rugi sebanyak 1,1 ton emas. Namun, putusan tersebut dibatalkan di tingkat banding oleh Pengadilan Tinggi Surabaya.

“Dalam Pokok Perkara. Menyatakan gugatan Terbanding-semula Penggugat Konpensi/Tergugat Rekonpensi ditolak untuk seluruhnya,” kata ketua majelis banding, Siswandriyono.

Skandal antara crazy rich dan PT Antam mengguncang dunia hukum dan keuangan di Surabaya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.