Pemerintah Dorong Masyarakat Pindah ke Motor Listrik, Namun Minat Masih Sepi

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Meski pemerintah gencar mendorong masyarakat untuk beralih dari motor bensin ke motor listrik dengan memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta, kenyataannya minat masyarakat masih terbilang sepi.*

Dalam upaya mendukung ongkos transportasi umum seperti LRT, pemerintah mengusulkan kenaikan pajak motor bensin. Sementara itu, motor listrik mendapat perhatian khusus dengan adanya subsidi sebesar Rp 7 juta, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas udara di Indonesia melalui penggunaan kendaraan listrik non-emisi.

banner 336x280

Namun, angka penyaluran subsidi motor listrik jauh dari target yang ditetapkan. Pada tahun 2023, pemerintah menargetkan subsidi untuk 200 ribu unit motor listrik, namun kenyataannya hanya sebanyak 11.532 unit yang mendapatkan subsidi. Berdasarkan informasi terbaru, pemerintah bahkan berencana menurunkan target subsidi menjadi 50 ribu unit untuk tahun ini.

Angka penjualan motor listrik masih jauh tertinggal dibandingkan dengan motor bensin. Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan sepeda motor pada tahun 2023 mencapai 6,2 juta unit, yang masih didominasi oleh motor bermesin bensin.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, menilai bahwa minat masyarakat terhadap motor listrik bergantung pada beberapa faktor. Ia menekankan bahwa selain faktor harga murah berkat subsidi, aspek infrastruktur yang mendukung operasional, pertimbangan harga jual kembalinya, dan layanan purna jual juga menjadi pertimbangan penting bagi konsumen.

“Saya sih realistis aja. Karena kalau memang bagus, kan pasti konsumen beralih,” ujar Sigit dalam wawancara dengan detikOto melalui telepon pada Jumat (19/1/2024).

Sigit menegaskan bahwa peralihan ke motor listrik bukan hanya masalah subsidi semata. Infrastruktur yang mendukung dan pemenuhan berbagai pertimbangan konsumen, seperti harga jual kembalinya dan layanan purna jual yang baik, dianggap sebagai faktor krusial dalam mempercepat adopsi motor listrik di Indonesia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.