Jembatan Pendidikan-Industri: Program Praktisi Mengajar dari Kemendikbudristek

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Blitar – Gamaliel Waney, Kepala Program Praktisi Mengajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengumumkan bahwa Program Praktisi Mengajar telah sukses menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri.

Dalam keterangannya, Waney menjelaskan bahwa program ini efektif dalam menyatukan dunia pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), sambil menanggulangi kesenjangan antara lulusan dan kebutuhan dunia kerja.

banner 336x280

Pendaftaran untuk Program Praktisi Mengajar, yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), telah dibuka sejak 8 hingga 25 Januari 2024. Perguruan Tinggi, Koordinator Perguruan Tinggi, Dosen, dan Praktisi dapat mendaftar untuk mengambil bagian dalam program flagship ini.

Program Praktisi Mengajar dirancang sebagai jembatan antara mahasiswa dan praktisi melalui Mata Kuliah Kolaborasi, memberikan peluang baru bagi lulusan untuk mengasah keterampilan sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Selain memberikan peluang pembelajaran, program ini diharapkan akan berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Direktur Sumber Daya, Direktorat Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Mohammad Sofwan Effendi, menjelaskan bahwa Program Praktisi Mengajar dapat meningkatkan produktivitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Program Praktisi Mengajar mencakup komponen pendukung pembelajaran, dengan melibatkan perguruan tinggi, praktisi DUDI, masyarakat, dan dunia profesi yang memiliki pengalaman profesional,” ujar Effendi.

Effendi berharap program ini akan mendorong dosen untuk berkontribusi di dunia profesional, sekaligus membuka peluang bagi praktisi untuk terlibat dalam penyusunan kurikulum dan perkuliahan di kampus.

Dengan langkah ini, diharapkan mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang komprehensif, menggabungkan pengetahuan akademik dari dosen dan pengalaman profesional dari praktisi. Program Praktisi Mengajar diharapkan menjadi langkah signifikan dalam mempersiapkan lulusan menghadapi dinamika perkembangan dunia di masa depan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.