Gibran Rakabuming Raka Dinilai “Tidak Tahu Sopan Santun” oleh Grace Natalie Setelah Debat Cawapres

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, mengungkapkan keprihatinannya terhadap narasi yang menyebut Gibran Rakabuming Raka “tengil” dan “tidak tahu sopan santun” pasca debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Ahad, 21 Januari 2024.

Menurut Grace, narasi tersebut tidak seharusnya ditujukan kepada Gibran, yang pada usia 36 tahun, berdebat dengan Cak Imin (Muhaimin Iskandar), 57 tahun, dan Mahfud Md, 66 tahun, tanpa menjatuhkan secara personal. “Narasi itu tidak tepat ditujukan kepada Gibran,” tegas Grace saat diwawancarai di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

banner 336x280

Gibran, dalam debat tersebut, dianggap mempertahankan posisinya tanpa menggunakan informasi bohong, fitnah, atau hoaks. Grace Natalie menyebut gagasan yang disampaikan oleh Wali Kota Solo itu sangat menarik. Sebagai perbandingan, Grace menyinggung debat capres sebelumnya pada 7 Januari 2024, di mana Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dianggap “membully” Prabowo Subianto dengan memberikan nilai rendah dan menyebarkan informasi negatif terkait kepemilikan lahan.

“Padahal, dibandingkan dengan Pak Prabowo, (mereka) bocil juga, tapi kok enggak ada yang bilang mereka tengil. Kami enggak bilang mereka kurang ajar, enggak tahu sopan santun,” ujar Grace.

Grace Natalie juga mengakui bahwa Drone Emprit mencatat Gibran Rakabuming Raka mendapatkan sentimen negatif paling banyak di media sosial X (sebelumnya Twitter) setelah debat cawapres di JCC Senayan. Dari total 142.469 penyebutan tentang Gibran, sentimen negatif mencapai 60 persen.

Debat cawapres tersebut melibatkan tiga calon wakil presiden 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Adu gagasan ketiganya membahas topik seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, pada malam Ahad, 21 Januari 2024.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.