Warga Kota Malang Keluhkan Banjir, Pemkot Malang Segera Tindak dengan Sudetan

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Malang – Banjir yang terjadi di sejumlah titik Kota Malang saat musim hujan deras telah kembali memunculkan keluhan dari para warga. Salah satunya, banjir yang sering melanda Jalan Galunggung, Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Indrawanto, Ketua RW 06 Kelurahan Gadingkasri, mengungkapkan bahwa penyebab banjir tersebut adalah sistem jeking yang tidak tepat pada gorong-gorong. Menurutnya, masalah ini telah berlangsung sejak tahun 2013 tanpa adanya penyelesaian yang memuaskan.

banner 336x280

“Pelaksanaan jeking awalnya menggunakan sistem bor, tapi pada pelaksanaannya, menggunakan sistem garuk atau dipacul dengan alat berat. Saya sudah ikut musyawarah, namun ternyata tidak ada penyelesaian hingga tahun 2018,” ujar Indrawanto pada Rabu (24/01/2024).

Ketika terjadi hujan lebat, sampah dan kotoran yang masuk ke wilayah Galunggung menjadi penyebab banjir tinggi. Indrawanto juga menyoroti sempitnya saluran air di wilayah tersebut, terutama di SLB Bakti Luhur yang ditutup, sehingga menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat.

“Sungai makin mengecil sampai di Bakti Luhur. “Tambahan,” katanya, “masyarakat bingung karena gorong-gorong di Sukun sudah dibenarkan, tapi di Gadingkasri ini masih belum.”

Indrawanto telah menyampaikan pernyataannya mengenai permasalahan ini dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Namun, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang belum memberikan jawaban yang memuaskan.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menanggapi keluhan warga dengan menyatakan bahwa Pemkot Malang sudah memiliki masterplan drainase. Untuk mengatasi banjir di Jalan Galunggung, Kelurahan Gadingkasri, Pemkot Malang akan melakukan sudetan.

“Sudetannya nanti dari saluran yang ada, kita sudet ke arah sungai Metro. Kita bentuk konturnya, supaya di wilayah yang tinggi itu langsung mengalir sendiri di sungai Metro,” jelas Pj Wali Kota Wahyu.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.