,

Capaian Imunisasi Polio di Surabaya Lampaui Target: Lebih dari 341.000 Anak Terimunisasi

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Surabaya – Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) Polio putaran pertama di Kota Surabaya mencapai capaian yang mengesankan. Sebanyak 341.612 anak usia 0-7 tahun atau 8 tahun kurang dari sehari telah mengikuti imunisasi, melampaui target sebelumnya yang ditetapkan sebanyak 309.920 anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, mengumumkan prestasi ini pada Kamis, 25 Januari 2024. “Sudah ada sebanyak 341.612 atau 103,64 persen anak yang terimunisasi per Rabu kemarin. Jumlah itu melebihi target yang telah ditetapkan,” ujar Nanik.

banner 336x280

Nanik menambahkan bahwa pelaksanaan Sub PIN Polio berjalan lancar tanpa kendala berarti, dan ini menjadi bukti kesadaran masyarakat akan pentingnya pemberian imunisasi pada anak. Meskipun begitu, Nanik mencatat masih ada beberapa orang tua yang enggan memberikan imunisasi pada anak-anak mereka.

“Tapi masih ada beberapa warga yang tidak mau ketika anaknya akan diberi imunisasi,” ungkapnya.

Peningkatan tingkat kesadaran orang tua terhadap pentingnya imunisasi ini diakui Nanik sebagai hasil dari sosialisasi yang intensif yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebelumnya. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai media, termasuk media sosial, flyer, poster, pemutaran video, dan imbauan langsung dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di tempat-tempat strategis.

“Dengan begitu, maka hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisasi,” katanya.

Keberhasilan mencapai target imunisasi yang tinggi ini juga tidak terlepas dari kerja keras jajaran perangkat daerah, Kecamatan, dan Kelurahan di seluruh wilayah Kota Surabaya. Selain itu, kontribusi positif dari Kader Surabaya Hebat (KSH), Tim Penggerak (TP) PKK, dan partisipasi perguruan tinggi juga menjadi faktor penting.

Nanik menekankan bahwa pihaknya telah menggiatkan strategi penyisiran (sweeping) Sub PIN Polio. Penyisiran ini dilakukan di berbagai lokasi, termasuk pos pelayanan imunisasi Balai RW, Kelurahan, sekolah-sekolah, Tempat-tempat Umum (TTU), stasiun kereta api, terminal, mal, hingga melakukan door-to-door ke rumah warga.

“Berbagai upaya telah dilakukan secara masif, bersama kecamatan, kelurahan, TP PKK, KSH, RT/RW, dan civitas akademika yang terlibat dalam tim Sub PIn Polio Kota Surabaya,” jelas Nanik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.