“Elon Musk: Ancaman Mobil Cina terhadap Dominasi Global, Tesla Berupaya Pertahankan Posisi”

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Elon Musk, CEO Tesla, mengeluarkan pernyataan mencengangkan terkait persaingan sengit dengan produsen mobil asal Cina. Menurutnya, tanpa hambatan perdagangan yang signifikan, perusahaan mobil Cina berpotensi menggempur sebagian besar pesaing di pasar global. Musk mengakui keunggulan kompetitif pabrikan Cina yang telah meraih kesuksesan luar biasa di pasar internasional.

“Mereka hampir menghancurkan sebagian besar perusahaan mobil lain di dunia, mereka sangat kompeten,” ungkap Musk, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Jumat, 26 Januari 2024.

banner 336x280

Pernyataan kontroversial ini muncul setelah dominasi penjualan mobil listrik global yang selama ini dipegang oleh Tesla harus diperebutkan oleh BYD, perusahaan asal Cina. Bahkan, untuk mempertahankan posisinya, Tesla terpaksa memangkas harga mobil listriknya pada tahun sebelumnya.

Menyikapi pernyataan Musk, Kementerian Luar Negeri Cina memberikan tanggapannya. Mereka menyatakan bahwa mereka menyadari komentar tersebut, sambil menyarankan agar kompetisi dalam dunia bisnis tetap berlangsung adil dan terbuka.

Untuk kembali mendominasi pasar mobil listrik dunia, Tesla berada dalam tahap pengembangan mobil listrik murah yang diyakini akan dirilis pada pertengahan tahun 2025. Mobil dengan kode nama “Redwood” ini diprediksi akan dijual dengan harga sekitar US$ 25.000 atau sekitar Rp 392 juta.

Dalam acara pertemuan pemegang saham tahunan Tesla pada Mei 2023, Musk mengungkap bahwa perusahaan tengah merencanakan dua produk baru dengan potensi penjualan mencapai 5 juta unit per tahun. Tesla berambisi untuk menciptakan robotaxi murah dan mobil listrik entry-level, keduanya didasarkan pada arsitektur kendaraan yang sama. Musk juga sedang menggagas rencana untuk mengurangi separuh biaya kendaraan generasi mendatang, meskipun tanpa memberikan jangka waktu peluncuran yang pasti.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.