Tim Vaksinator Dinkes Jember Turun ke Rumah Warga untuk Capai Target Vaksinasi Polio

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jember – Meskipun pekan imunisasi polio telah berakhir pada Senin (22/1) lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember masih berupaya meningkatkan capaian vaksinasi di sejumlah puskesmas yang belum mencapai angka 95 persen. Meskipun secara keseluruhan capaiannya melebihi target Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tim vaksinator melakukan langkah ekstra dengan mendatangi rumah-rumah warga, khususnya anak usia 0 hingga 7 tahun.

Menurut data Dinkes Jember per hari ke sembilan pelaksanaan Program Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 24 Januari, capaian vaksinasi mencapai 97,44 persen. Namun, data Kemenkes yang merujuk pada survei penduduk antar sensus (supas) menunjukkan capaian sudah mencapai 106 persen. Sasaran vaksinasi di Jember sekitar 304 ribu anak usia 0 hingga 7 tahun.

banner 336x280

Kepala Dinkes Jember, dr. Hendro Soelistijono, menyatakan bahwa meskipun tahap pertama PIN Polio seharusnya berlangsung selama tujuh hari, langkah ekstra diperlukan karena belum semua puskesmas mencapai target 95 persen. Tim vaksinator akan melakukan sweeping dengan mendatangi rumah-rumah warga selama lima hari setelah pekan imunisasi berakhir.

Dalam periode lima hari itu, tim vaksinator menghadapi berbagai kendala seperti anak yang sedang sakit, stunting, berat badan kurang, dan lain sebagainya. Apabila ditemukan anak dengan kondisi tersebut, vaksinasi akan ditunda hingga waktu lain. Dr. Hendro menegaskan, meskipun mencapai 100 persen terlihat sulit, tim akan berusaha semaksimal mungkin.

“Tujuan kami bukan hanya mencapai angka, tetapi ingin melindungi seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Meskipun beberapa puskesmas memiliki capaian di bawah 95 persen namun sudah di atas 90 persen, seperti Puskesmas Paleran, Arjasa, Tanggul, dan Kemuningsari Kidul, tim vaksinator tetap melakukan kunjungan ke rumah-rumah anak sesuai dengan usia yang ditentukan. Dinkes Jember optimistis bahwa dengan melihat tren saat ini, capaian 100 persen akan segera tercapai dalam beberapa hari mendatang.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.