“Atlantis Australia, Daratan Purba Terendam 70 Ribu Tahun yang Menyimpan Migrasi Awal Manusia”

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Melbourne – Sebuah penemuan gemilang telah mengungkap rahasia sebuah daratan besar yang tenggelam di lepas pantai Australia, mengingatkan kita pada mitos Atlantis yang hilang. Penelitian terbaru ini, yang diterbitkan dalam Quaternary Science Review, mengungkapkan bahwa daratan tersebut telah tenggelam lebih dari 70 ribu tahun yang lalu, memberikan wawasan baru tentang migrasi awal manusia.

Berkat kemajuan teknologi sonar, tim peneliti berhasil memetakan secara detail wilayah yang sekarang berada lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Daratan ini, yang dijuluki Sahul, dahulu menghubungkan Kimberley dan Arnhem Land, membentuk jembatan darat kuno yang juga mencakup Australia, New Guinea, dan Tasmania.

banner 336x280

Arkeolog Kasih Norman dari Griffith University di Queensland, Australia, yang merupakan penulis utama studi ini, menyebutnya sebagai “Atlantis Australia.” Menurutnya, daratan yang tenggelam ini pernah mendukung populasi manusia hingga setengah juta orang.

“Sebelumnya dianggap tidak produktif, kini terbukti bahwa wilayah batas benua kita pernah dihuni,” kata Norman.

Studi ini menyoroti perubahan permukaan laut selama rentang waktu 70 ribu hingga 9 ribu tahun yang lalu. 71-59 ribu tahun lalu, penurunan laut 40 meter membentuk pulau-pulau di barat laut terluar Australia.

Antara 29 ribu hingga 14 ribu tahun lalu, penurunan permukaan laut mengungkapkan daratan luas 1,6 kali Inggris. Para peneliti menggambarkan temuannya sebagai “peta fitur dasar laut” dari benua yang tenggelam.

Penemuan ini mengungkap sejarah dan peradaban terkubur di dasar laut, membuka bab baru pemahaman manusia. Atlantis Australia, sebuah misteri purba, kini membuka kisah unik tentang masa lalu yang tenggelam dalam rahasia laut lepas.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.