Gamsunoro, Kapal Minyak Indonesia Berhasil Terobos Blokade Houthi di Laut Merah

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

KeludNews.com – Sebuah kisah menarik melibatkan kapal minyak Indonesia, Gamsunoro, yang berhasil lolos dari blokade Houthi dan melintasi Laut Merah dengan sukses. Houthi, kelompok yang sedang ramai diperbincangkan karena perlawanannya yang kuat di Yaman, telah membuat Amerika Serikat dan Inggris khawatir belakangan ini.

Laut Merah, yang menjadi salah satu arena tegang di dunia akibat konflik antara Houthi, Amerika Serikat, dan Inggris, kini menyaksikan keberhasilan Gamsunoro dan kapal tanker Free Spirit yang benderanya dari Kepulauan Marshall.

banner 336x280

Menurut data dari London Stock Exchange Group (LSEG) dan perusahaan pelacakan kapal Kpler, kedua kapal tersebut berhasil memutar balik arah dan melewati Selat Bab al-Mandab pada 17 Januari lalu, hampir sepekan setelah serangan AS dan Inggris terhadap Houthi di Yaman.

Gamsunoro, kapal berbendera Indonesia, membawa muatan bahan bakar berat dan terakhir kali singgah di Fujairah, Uni Emirat Arab (UEA), salah satu pusat bahan bakar minyak terbesar di dunia. Keberhasilan Gamsunoro menghindari Houthi ternyata berkat kecerdikan kru kapal yang memberi tanda kepada Yaman sebelum memasuki wilayah yang sebelumnya menjadi pusat ketegangan.

Sebagai informasi, Gamsunoro adalah Kapal Tanker Minyak Mentah yang telah berlayar sejak tahun 2014 dengan daya dukung mencapai 105,638 ton DWT. Kapal ini memiliki panjang keseluruhan (LOA) 228,6 meter, lebar 42 meter, dan draft 8,2 meter. Diketahui bahwa Gamsunoro menggunakan mesin dari Mitsui Engineering dengan tipe 6s60mc-c.

Tampaknya, Kapten Gamsunoro, yang tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar, telah melaksanakan manuver cerdik untuk menghindari risiko di tengah memanasnya konflik regional. Keberhasilan kapal minyak Indonesia ini memberikan cerita unik di tengah ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.