, ,

Mobil China Guncang Pasar dengan Fitur Canggih, Produsen Jepang Terpacu

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Perkembangan industri otomotif terus menunjukkan tren baru, terutama dengan inovasi-fitur canggih yang semakin menggemparkan pasar. Pabrikan mobil China kini menetapkan standar baru dengan menyematkan beragam fitur canggih pada kendaraan yang dijual di Indonesia, mengundang reaksi dari produsen Jepang yang seakan tak mau ketinggalan.

Kedatangan mobil-mobil China ke Indonesia semakin meluas, menawarkan berbagai model dengan ragam fitur yang tak kalah menarik. Yang lebih menarik, fitur-fitur canggih di mobil-mobil China disebut-sebut sebagai pemicu produsen mobil Jepang untuk ikut meramaikan pasar dengan menyematkan fitur serupa.

banner 336x280

Salah satu fitur unggulan yang diusung adalah teknologi berbasis radar yang membantu pengendara selama perjalanan. Sebagai contoh, Wuling telah meluncurkan fitur Advanced Driving Assistant System (ADAS) lewat model Almaz RS pada Maret 2021. Fitur ADAS Wuling tidak hanya memberikan adaptif cruise control (ACC), bend cruise control (BCC), lane keeping assist (LKA), lane departure warning (LDW), traffic jam assistance (TJA), tetapi juga intelligent cruise assistance (ICA).

Sebelumnya, fitur serupa pada mobil Jepang lebih sering ditemui di kelas premium. Namun, produsen Jepang terkini juga mulai menyematkan fitur ini pada mobil di kelas low hingga medium. Sebagai contoh, Toyota menawarkan fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada Raize, Avanza, dan Veloz. Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser, dirancang untuk meningkatkan keamanan berkendara dengan fitur seperti pre-collision warning and braking, lane departure warning and prevention, lane keeping control, automatic high beam, adaptive driving beam, dan front departure alert.

Pengamat otomotif, Bebin Djuana, menyatakan, “Sekarang, ketika kendaraan China mampu memberikan berbagai fitur canggih, produsen mobil Jepang ikut merespons dengan meningkatkan fitur-fitur mereka. Jika tidak, produk Jepang mungkin tidak akan bersaing di pasaran otomotif Indonesia dan di luar negeri.”

Tidak hanya Toyota, Honda juga turut serta dengan menyematkan fitur berbasis radar Honda Sensing pada model kelas menengah seperti BR-V dan WR-V. Fitur Honda Sensing menawarkan fungsi-fungsi penting seperti collision mitigation braking system, road departure mitigation system, adaptive cruise control, auto high-beam, lane keeping assist system, dan lead-car departure notification.

Melihat tren ini, Bebin berpendapat bahwa mobil China berhasil mengubah pandangan bahwa fitur berbasis radar hanya layak untuk mobil premium. Fitur-fitur canggih sekarang dapat dilengkapi pada mobil-mobil di segmen kelas bawah hingga menengah.

Seiring perkembangan ini, pasar otomotif di Indonesia semakin menarik perhatian dengan persaingan fitur-fitur canggih yang semakin berkembang, dan produsen mobil memperkenalkan inovasi baru yang menguntungkan konsumen.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.