Kapal Perusak AS Berhasil Cegat 10 Drone Houthi di Yaman

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Jakarta – Amerika Serikat kembali menggempur Yaman dengan melancarkan serangan udara pada Rabu malam, 31 Januari. Serangan ini ditargetkan ke sejumlah wilayah di barat Yaman yang dikuasai oleh milisi Houthi. Menurut laporan CBS, serangan tersebut sukses menggagalkan rencana meluncurkan 10 drone Houthi dan rudal yang telah dipersiapkan.

Sebuah kapal perusak Amerika Serikat yang beroperasi di Teluk Aden juga berhasil mencegat sebuah rudal balistik anti-kapal dan beberapa drone Houthi yang sedang menuju wilayah tersebut. Pejabat militer AS memberikan informasi kepada CNN bahwa USS Carney, sebuah kapal perusak rudal kelas Arleigh-Burke, berhasil menembak jatuh drone-drone dan artileri Houthi lainnya yang mengancam Teluk Aden.

banner 336x280

Pencegatan ini terjadi sehari setelah sebuah rudal Houthi menghantam area dekat kapal perang AS di Laut Merah. Kejadian tersebut membuat perhatian publik karena rudal Houthi jatuh hanya satu mil dari lokasi kapal perang AS. Ini menjadi serangan Houthi yang paling dekat dengan kapal perang AS sejauh ini.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengutuk serangkaian serangan Houthi sebagai “serangan ilegal dan sembrono.” Austin menegaskan bahwa Amerika Serikat akan terus melindungi kepentingan dan keamanannya di wilayah tersebut.

Sejak Israel melancarkan agresi brutal ke Palestina pada 7 Oktober lalu, kelompok Perlawanan Islam di Timur Tengah, termasuk Houthi, turut serta dalam menggempur negara Zionis tersebut. Houthi, yang beberapa kali melancarkan serangan udara dengan dalih membela Palestina, juga aktif membajak dan menyerang kapal-kapal komersial terkait Israel di Laut Merah sejak November tahun lalu.

Houthi menyatakan serangan terhadap kapal-kapal komersial sebagai bagian dari upaya mereka membela Palestina dari serangan brutal Israel. Keberlanjutan konflik ini menunjukkan eskalasi ketegangan di kawasan Timur Tengah yang semakin kompleks.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.