,

Kapal Tanker Minyak RI Gamsunoro dan Free Spirit Lolos dari Ancaman Houthi di Laut Merah

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

KeludNews.com – Dua kapal tanker minyak berhasil menghebohkan dunia maritim setelah berhasil melewati Laut Merah, menghindari ancaman yang memanas di kawasan tersebut. Satu di antaranya adalah kapal berbendera Indonesia, Gamsunoro, yang mencatat prestasi luar biasa ini.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (2/2/2024), kedua kapal tanker ini awalnya memutuskan untuk menyimpang dari rute Laut Merah dan memilih melintasi Selat Bab al-Mandab. Pergerakan keduanya pun dapat terlacak melalui monitoring LSEG dan Kpler, menambah misteri di tengah ketegangan yang tengah berlangsung.

banner 336x280

Keberhasilan perlintasan kedua kapal ini menjadi lebih menarik karena dilakukan dalam kurun waktu hampir seminggu sejak Amerika Serikat (AS) dan Inggris melancarkan serangan terhadap kelompok Houthi di Yaman. Kedua kapal tanker jenis Aframax tersebut, Gamsunoro berbendera Indonesia dan Free Spirit berbendera Kepulauan Marshall, sukses melintasi Bab al-Mandab pada 17 Januari tanpa hambatan berarti.

Kedua kapal ini memuat bahan bakar berat dan terakhir singgah di Fujairah, salah satu pusat bahan bakar minyak terbesar di Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun belum diumumkan pemilik kargo dan tujuan akhir kapal-kapal tersebut, tanda isyarat telah diberikan ke pelabuhan Laut Merah Arab Saudi dalam seminggu terakhir.

Menariknya, Reuters mencatat bahwa sebanyak 22 kapal tanker minyak lainnya telah mengubah atau menghentikan jalur pelayaran mereka sejak Jumat lalu, berdasarkan instruksi dari Combined Maritime Forces (CMF) yang dipimpin oleh AS di Bahrain. Instruksi ini diberikan untuk menghindari Selat Bab al-Mandab selama beberapa hari, menunjukkan situasi yang sangat genting di kawasan tersebut.

Sebanyak 15 kapal tanker minyak lainnya memilih jalur yang lebih panjang di sekitar Tanjung Harapan dari kedua arah, yang memakan waktu hingga tiga minggu untuk pelayaran antara Asia dan Eropa. Sedangkan tujuh kapal lainnya masih berlabuh di Teluk Aden atau di bagian utara Laut Merah.

Keberhasilan Gamsunoro dan Free Spirit dalam melintasi Laut Merah di tengah ketegangan geopolitik menambah catatan unik dalam dunia pelayaran internasional. Kapal tanker berbendera Indonesia kini menjadi bukti keuletan dan ketangguhan di tengah tantangan yang kompleks di kawasan Laut Merah.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.