,

Uni Eropa Serahkan Bantuan Luar Biasa Rp788 T untuk Dukung Ukraina Hadapi Perang Melawan Rusia

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

KeludNews.com – Uni Eropa (UE) telah mengambil langkah luar biasa dengan menyetujui bantuan senilai Rp788 triliun atau US$54 miliar untuk membantu Ukraina dalam menghadapi perang yang masih berkecamuk melawan Rusia. Kesepakatan besar ini diumumkan oleh Presiden Dewan Pemimpin Uni Eropa, Charles Michel, pada hari Kamis (1/2), yang mengonfirmasi dukungan solid dari 27 negara anggota UE.

Dalam pernyataannya, Michel menyatakan, “Kami mencapai kesepakatan. #Bersatu. Ke-27 pemimpin menyepakati paket dukungan tambahan sebesar €50 miliar untuk Ukraina sesuai anggaran UE. UE memimpin dan bertanggung jawab dalam mendukung Ukraina; kita tahu apa yang dipertaruhkan.”

banner 336x280

Sementara perang antara Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut di berbagai wilayah Ukraina, termasuk Kharkiv, sejak invasi Rusia pada Februari 2022 yang sekarang telah berlangsung selama dua tahun. Pada awal Januari, pasukan Rusia menyerang Kharkiv dengan rudal yang, menurut juru bicara kantor kejaksaan Ukraina, Dmytro Chubenko, secara visual dan teknis berbeda dari model rudal Rusia biasa.

“Metode produksinya tidak terlalu modern. Ada penyimpangan dari standar rudal Iskander, yang sebelumnya kita lihat saat menyerang Kharkiv,” ungkap Chubenko, dikutip Reuters, Sabtu (6/1). Dia menambahkan, “Rudal ini mirip dengan salah satu rudal Korea Utara.”

Meskipun upaya perdamaian telah diupayakan, Presiden Rusia Vladimir Putin tetap teguh dalam pernyataannya di konferensi pers akhir tahunan, menyatakan bahwa tidak akan ada perdamaian antara Rusia dan Ukraina sebelum mencapai tujuan tertentu.

Putin menyebutkan bahwa perdamaian hanya akan terjadi setelah Ukraina menjalani “denazifikasi, demiliterisasi, dan status netral.” Rusia juga menuduh pemerintah Ukraina sangat terpengaruh oleh kelompok “nasionalis radikal” dan neo-Nazi serta menekankan bahwa keinginan Ukraina untuk bergabung dengan NATO dapat membahayakan hubungan dengan Rusia. Situasi yang semakin kompleks ini terus menjadi sorotan dunia internasional dalam konteks perang yang masih membara antara kedua negara tersebut.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.