, , ,

Serangan Rusia dan China di Dewan Keamanan PBB Mengguncang Amerika Serikat

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

KeludNews.com – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menjadi saksi ketika Rusia dan China mengecam Amerika Serikat (AS) secara tegas dalam pertemuan terbaru. Kedua negara, yang dekat dengan Iran, menyalahkan AS atas intervensinya yang mengganggu kawasan Timur Tengah.

Pemicu kecaman ini adalah serangan udara yang dilakukan oleh militer AS terhadap puluhan target terkait Iran di wilayah Irak dan Suriah. Serangan tersebut merupakan pembalasan atas serangan drone yang menewaskan tiga tentara AS di pangkalan Yordania pada 28 Januari lalu.

banner 336x280

Vasily Nebenzia, Duta Besar Rusia untuk PBB, mengklaim bahwa serangan udara AS dilakukan dengan sengaja untuk memperburuk situasi konflik di wilayah tersebut. Hal serupa juga disuarakan oleh Duta Besar China untuk PBB, Jun Zhang, yang menyebut tindakan AS sebagai pemicu kekerasan di Timur Tengah.

Kemarahan atas serangan-serangan tersebut juga merambah ke pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa. Rosemary DiCarlo, Wakil Sekretaris Jenderal PBB, menyerukan agar semua pihak untuk menghindari eskalasi konflik demi mencegah kerugian manusia dan ekonomi yang tak terhindarkan.

Reaksi keras juga datang dari Iran, yang menyangkal keterlibatannya dalam serangan yang menimpa pasukan AS di Yordania. Amir Saeid Iravani, Duta Besar Iran untuk PBB, menegaskan bahwa Iran tidak akan ragu menggunakan hak-haknya untuk merespons setiap ancaman terhadap keamanannya.

Di sisi lain, Gedung Putih menyatakan bahwa AS tidak menginginkan konflik lebih lanjut, namun akan terus melindungi personelnya dari serangan yang tidak bisa diterima. Robert Wood, Wakil Duta Besar AS untuk PBB, menekankan bahwa AS tidak mencari konflik langsung dengan Iran.

Pertemuan ini menjadi bukti ketegangan yang semakin memuncak di kancah politik global, di mana kepentingan-kepentingan negara-negara besar saling bertabrakan. Sebuah catatan penting yang mendorong perlunya dialog dan diplomasi yang lebih efektif dalam menangani krisis-krisis internasional.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.