, , ,

Unjuk Rasa Relawan Ganjar-Mahfud Terkait Tudingan Kecurangan Pemilu ini Respons KPU

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Para relawan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Relawan Ganjar-Mahfud mengeluarkan petisi yang memprotes deklarasi kemenangan Prabowo-Gibran setelah hasil quick count dari beberapa lembaga survei di Pemilu 2024. Mereka menduga adanya kecurangan dalam hasil pemilihan tersebut. Dalam merespons tudingan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyarankan para relawan untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika mereka meyakini terdapat kecurangan.

Komisioner KPU, Idham Kholik, menyatakan bahwa berdasarkan Pasal 473 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017, perselisihan terkait hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden akan ditangani oleh Mahkamah Konstitusi. “Tata beracara PHPU (Perselisihan Hasil Pemilu) Pilpres diatur dalam peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 4 Tahun 2023,” tambahnya.

banner 336x280

Menurut Idham, Indonesia adalah negara yang menganut sistem demokrasi konstitusional, dan karena itu, para relawan diarahkan untuk membawa tuntutan mereka ke MK, sebagaimana diatur dalam UUD 1945.

Sementara itu, para relawan Ganjar-Mahfud juga menggelar unjuk rasa sebagai bentuk protes. Mereka mengeluarkan ‘Petisi Brawijaya’ yang menyoroti momen selebrasi pasangan Prabowo-Gibran di tengah proses penghitungan resmi KPU.

Ketua Umum Kombas GP Burhan Saidi mengungkapkan bahwa unjuk rasa akan dilakukan di Patung Kuda dan Bawaslu pada Senin (19/2). Lebih dari 100 ketua relawan nasional hadir dalam pengeluaran petisi ini.

Isi ‘Petisi Brawijaya’ mencakup penolakan hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang diduga diwarnai kecurangan, permintaan pemilihan ulang dengan mengganti komisioner KPU dan Bawaslu, protes terhadap deklarasi kemenangan paslon 02 berdasarkan quick count, tuntutan agar Bawaslu memproses hukum paslon 02, dan permintaan kepada pihak berwenang untuk mendiskualifikasi paslon 02 pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

Tudingan kecurangan dalam Pemilu 2024 ini menjadi sorotan, menimbulkan ketegangan politik di tengah masyarakat. Respons dari KPU dan langkah aksi unjuk rasa relawan Ganjar-Mahfud menambah kompleksitas situasi pasca-pemilihan tersebut.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.